nusabali

Wagub Luncurkan Badge Kwarda Beraksara Bali

  • www.nusabali.com-wagub-luncurkan-badge-kwarda-beraksara-bali

Badge Kwarda Bali dengan bordir tulisan aksara Bali, sudah melewati proses di Badan Riset dan Inovasi Daerah (Brida) Bali. Dan secara resmi sudah tercatat memiliki Hak Kekayaan Intelektual (HKI).

DENPASAR, NusaBali

Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati (Cok Ace) selaku Ketua Harian Majelis Pembimbing Daerah (Mabida) Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Daerah Bali meluncurkan badge Kwarda Bali, yang bertepatan dengan perayaan hari ulang tahun ke-61 Pramuka, bertempat di Kantor Kwarda Bali, Niti Mandala, Denpasar, Minggu (28/8). Badge Kwarda Bali tahun 2022 dengan lambang dua tunas kelapa menghadap ke kanan dan ke kiri, bordir tulisan aksara Bali tanpa meninggalkan tulisan latin, sudah melewati proses di Badan Riset dan Inovasi Daerah (Brida) Bali, serta secara resmi sudah tercatat memiliki Hak Kekayaan Intelektual (HKI).

Wagub Cok Ace berharap agar seluruh anggota Pramuka, baik dari tingkat sekolah dasar (SD) hingga sekolah menengah atas (SMA), tetap menumbuhkan semangat berkarya, berkreativitas, sekaligus menumbuhkan kecintaan terhadap alam semesta dan lingkungan di tengah pandemi Covid-19 yang hingga saat ini belum juga berakhir.

“Gerakan Pramuka adalah satu wadah penggemblengan karakter bangsa untuk menjadi pribadi yang disiplin, memiliki etos kerja yang kuat penuh dengan rasa tanggung jawab, dan membekali diri di tengah rasa persaudaraan yang kuat dengan gotong royong dan simpati. Anggota Pramuka diharapkan mampu menjadi individu yang menjaga alam, sesama manusia, dan budaya Bali dengan cara menerapkan peraturan-peraturan baik itu yang tertuang di dalam Pergub ataupun Perda yang telah ditetapkan bersama,” kata Wagub Cok Ace.

Setelah dua tahun tidak mampu berkreativitas di luar ruangan, Wagub Cok Ace berharap anggota Pramuka sebagai garda terdepan mampu menjadi contoh untuk mengimplementasikan Pergub dan Perda Bali. Menyukseskan visi Nangun Sat Kerthi Loka Bali yang mengandung makna menjaga kesucian dan keharmonisan alam Bali beserta isinya. Mewujudkan kehidupan krama Bali yang sejahtera dan bahagia, sekala-niskala menuju kehidupan krama dan gumi Bali sesuai dengan prinsip Trisakti Bung Karno, berdaulat secara politik, berdikari secara ekonomi, dan berkepribadian dalam kebudayaan, melalui pembangunan secara terpola, menyeluruh, terencana, terarah, dan terintegrasi dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia berdasarkan nilai-nilai Pancasila 1 Juni 1945.

“Sebagai generasi penerus bangsa, terlebih merupakan bagian dari Kwarda Bali kita semua khususnya pemuda bangsa harus memacu pribadi masing-masing dengan cara giat belajar, giat bekerja sehingga fokus dalam mempersiapkan diri untuk bersaing di tengah gempuran informasi teknologi berbasis digitalisasi,” tegas panglingsir Puri Ubud ini.  

Ketua Kwartir Daerah Bali I Made Rentin dalam sambutannya mengatakan Agustus adalah bulan bakti Pramuka yang diisi dengan kegiatan donor darah (yang diadakan bertepatan dengan Hari Jadi Provinsi Bali, 14 Agustus lalu).

Dikatakan, Bali Scout Creativity adalah wadah yang digunakan untuk mewujudkan berbagai kreativitas gerakan Pramuka yang sejalan dan bersinergitas, dan menjadi bagian integral di bawah visi pembangunan Nangun Sat Kerthi Loka Bali dengan mengadakan lomba debat yang menggunakan bahasa Bali.

“Bertujuan untuk menumbuhkan kecintaan terhadap bahasa daerah, sehingga tidak lupa dengan budaya yang harus tetap lestari,” ujar  Rentin mengenai tujuan lomba debat bahasa Bali.

Kegiatan juga dilengkapi dengan penganugerahan tanda penghargaan Lencana Melati kepada 2 orang, penyerahan penghargaan Lencana Darma Bakti kepada 16 orang, penyerahan penghargaan Lencana Karya Bakti kepada 31 orang, penyerahan penghargaan Lencana Panca Warsa I Tahun 2022 kepada 41 orang, penyerahan penghargaan Lencana Panca Warsa II Tahun 2022 kepada 36 orang, penyerahan penghargaan Lencana Panca Warsa III Tahun 2022 kepada 17 orang, penyerahan penghargaan Lencana Panca Warsa IV Tahun 2022 kepada 7 orang, penyerahan penghargaan Lencana Panca Warsa V Tahun 2022 kepada 10 orang, penyerahan penghargaan Lencana Panca Warsa VI Tahun 2022 kepada 7 orang, penyerahan penghargaan Lencana Panca Warsa VII Tahun 2022 kepada 8 orang, penyerahan penghargaan Lencana Panca Warsa VIII Tahun 2022 kepada 2 orang, penyerahan penghargaan Lencana Panca Warsa IX Tahun 2022 kepada 6 orang, dan penyerahan penghargaan kepada pemenang lomba Bali Scout Creativity III Tahun 2022 Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Bali. *cr78

Komentar