nusabali

Bupati Giri Prasta Apresiasi Persatuan Krama Desa Adat Belok

Gelar Karya Pitra dan Manusa Yadnya Secara Bersama

  • www.nusabali.com-bupati-giri-prasta-apresiasi-persatuan-krama-desa-adat-belok

MANGUPURA, NusaBali
Krama Desa Adat Belok, Desa Belok Sidan, Kecamatan Petang menggelar Karya Pitra Yadnya (Memukur Kinembulan) lan Manusa Yadnya, Minggu (28/8).

Upacara ini rutin dilaksanakan setiap 5 tahun sekali secara bersama-sama. Semangat krama Desa Adat Belok menggelar Karya Pitra Yadnya (Memukur Kinembulan) lan Manusa Yadnya mendapat apresiasi positif dari Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta. Tak hanya memberikan apresiasi, namun juga memberikan dukungan atas semangat persatuan yang telah ditunjukkan krama Desa Adat Belok untuk melaksanakan yadnya bersama-sama sebagai wujud dharmaning leluhur.

Bupati Giri Prasta dalam sambutannya menekankan pentingnya Karya Pitra Yadnya Kinembulan dan Manusa Yadnya. Menurutnya Upacara Pitra Yadnya/Atiwa-Tiwa, Atma Wedana dan Sarwa Prakerti ini merupakan sebuah sarana upacara untuk menyucikan atma, sehingga menjadi Dewa Hyang Guru dan melinggih di merajan rong tiga. Banyak rangkaian dari upacara nyekah yang patut dilaksanakan oleh krama sebagai peserta nyekah, mulai dari ngangget don bingin, murwa daksina, meprelina puspa, meajar-ajar dan terakhir mamitang ke pura dalem dan ngelinggihang di masing-masing merajan. Selain itu dalam prosesi meajar-ajar ada yang disebut catur loka pala, di antaranya meajar-ajar ke utara di Pura Beratan, barat ke Batu Kau, selatan ke Uluwatu, dan timur ke Goa Lawah. “Terakhir dan utama adalah saat ngelinggihang disebut Dewa Pratista, bermakna menyatukan bumi dengan langit dengan konsep padu muka. Kami harapkan, semua prosesi upacara tersebut dapat diikuti oleh semua keluarga sebagai tanggung jawab serta wujud bakti kita kepada leluhur yang diupacarai,” harapnya.

Dalam kesempatan ini turut mendampingi Bupati Giri Prasta, Anggota DPRD Badung I Gst Ayu Agung Inda Trimafo Yudha, I Gst Lanang Umbara, Perwakilan Dinas Kebudayaan Badung, Camat Petang A A Ngr Raka Sukaeling, serta Tripika Kecamatan Petang, mantan Plt Camat Petang I Gst Bagus Adi Parwata, Perbekel Desa Belok Sidan I Made Rumawan, Bendesa Adat Belok I Made Putrajaya serta tokoh masyarakat setempat.

Sementara itu manggala karya I Ketut Mariawan menyampaikan terima kasih kepada Bupati Giri Prasta, Anggota DPRD Badung dan aparat terkait yang telah menghadiri dan ikut mendoakan agar karya ini dapat terlaksana dengan baik dan lancar. Dilaporkan karya Pitra Yadnya lan Manusa Yadnya di Desa Adat Belok ini sudah berjalan mulai Rahina Sukra Kliwon Medangkungan pada 12 Agustus 2022, di mana karya ini dilaksanakan setiap 5 tahun sekali. Dalam acara Memukur kali ini diikuti 19 sawa, metatah/potong gigi 28 orang, mepetik 23 orang. *asa

Komentar