nusabali

Arsenal di Grup Berat, MU Jumpa Sociedad Lagi

  • www.nusabali.com-arsenal-di-grup-berat-mu-jumpa-sociedad-lagi

ISTANBUL, NusaBali
Arsenal masuk grup berat dalam drawing fase grup Liga Europa 2022/2023, di Istanbul, Turki, Jumat (26/8).

Tergabung di Grup A, Arsenal akan menghadapi PSV Eindhoven(Belanda), Bodo/Glimt (Belgia), dan Zurich (Swiss). PSV adalah tim langganan juara Liga Belanda. Sedangkan Bodo/Glimt membuat kejutan di Conference League musim lalu sempat melibas AS Roma. Zurich sendiri bukan lawan enteng bagis The Gunners.

Sementara itu undian menarik didapat MU. Masuk Grup E, anak asuh Erik Ten Hag kembali bertemu Real Sociedad, yang merupakan lawan MU di babak 32 besar Liga Europa musim 2020/2021. Saat itu, MU menang 4-0 di leg 1, lalu imbang 0-0 di leg 2. Selain Sociedad, MU mendapat dua lawan relative enteng, yakni Sheriff Tiraspol (Moldova) dan Omonoia (Siprus).

Sementara itu dua tim ibukota Italia, AS Roma dan Lazio tidak mendapat lawan mudah. AS Roma masuk Grup C bersama Ludogorets, Real Betis, dan HJK. Betis tentu jadi ancaman paling nyata. Real Betis juara Copa Del Rey musim 2021/2022. Lazio masuk grup sulit di Grup F, bersua Feyenoord, Midtjylland, dan Sturm.

Liga Europa musim ini diramaikan 32 tim, dengan rincian 12 tim dari masing-masing liga domestik mendapatkan jatah langsung lolos, termasuk AS Roma yang juara Liga Konferensi Eropa 2021-2022, dan 10 tim lainnya ‘buangan’ dari Playoff Liga Champions 2022-2023.

Sedangkan 10 tim lainnya lolos melalui Playoff Liga Eropa. Yakni, Ludogorets (Bulgaria), AEK Larnaca (Siprus), HJK Helsinki (Finlandia), Malmo (Swedia), Fenerbahce (Turki), Omonoia (Siprus), Sheriff Tiraspol (Moldova), Zurich (Swiss), Olympiakos (Yunani), dan Ferencvaros (Hungaria).

Aturan Liga Eropa berbeda dengan Liga Champions. Ya, sebanyak delapan tim yang juara grup langsung lolos ke 16 besar, dan delapan tim runner up fase grup playoff menghadapi peringkat ketiga babak grup Liga Champions 2022-2023. Lalu peringkat ketiga babak grup  terlempar ke kompetisi kasta ketiga, Liga Konferensi Eropa. *

Komentar