nusabali

Tabanan Kembali Gelar Layanan Tera

  • www.nusabali.com-tabanan-kembali-gelar-layanan-tera

TABANAN, NusaBali
Sempat vakum selama dua tahun karena pandemi Covid-19, layanan sidang tera kembali diberikan oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Tabanan. 

Namun karena keterbatasan anggaran, sidang tera hanya menyasar yang wajib saja sehingga belum bisa menyasar 15 pasar di Tabanan.

Kabid Metrologi Disperindag Tabanan, I Wayan Roby Mega Nanta mengatakan, rencana sidang pasar memang akan digelar. Sesuai jadwal dilaksanakan September. "Yang kita gunakan untuk sidang pasar sisa anggaran dari pembelian alat tera," ungkap Roby, Jumat (26/8).

Layanan tera dilakukan pada yang wajib-wajib  saja, diantaranya SPBU, perusahaan yang mengajukan permohonan uji tera ke kantor dan jika memungkinkan melaksanakan sidang pasar di sejumlah pasar tradisional. "Kalau pelayanan tera di pasar tradisional kemungkinan tahun depan baru bisa," kata Roby.

Sementara itu Penera Ahli Muda Disperindag Tabanan, Ni Putu Erna Susanti menambahkan bahwa selama pandemi layanan tera ulang belum bisa fokus menyasar pasar karena berkaitan dengan protokol kesehatan Covid-19. Jadi selama itu layanan masih difokuskan pada pelayanan sidang kantor kepada kalangan usaha penyosohan beras.

Hal ini dilakukan  karena menyangkut legalitas yang harus mereka miliki dengan keterangan surat uji agar boleh menggunakan merek.  "Sekarang karena pandemi telah melandai, kita mulai lakukan pelayanan ke pasar," jelas Erna Susanti.

Pasar yang sudah mulai disasar adalah Pasar Kerambitan dan Pasar Sayur Baturiti. "Mudah-mudahan pada September nanti kita sudah bisa menyasar pasar lain," tandas Erna Susanti. *des

Komentar