nusabali

Forkom Dewi Gelar Festival Kuliner di Tegal Besar

  • www.nusabali.com-forkom-dewi-gelar-festival-kuliner-di-tegal-besar

SEMARAPURA, NusaBali
Forum Komunikasi Desa Wisata Kabupaten Klungkung menggelar Festival Dewi (Desa Wisata) Klungkung Culinary, di Pantai Tegal Besar, Desa Negari, Kecamatan Banjarangkan, Klungkung, 26 - 28 Agustus 2022.

Pantauan di lapangan, sejumlah stand kuliner menu khas Klungkung, di antaranya, Babi Guling Mek Subur, Babi Kriuk Mek Sunadri, Bebek Goreng Nyalian, Lawar Bebek Tepi Carik, Betutu Bakas, Nila Nyatyat Bakas, Nasi Sela Aan, Laklak Secret Waterfall, Lawar Cumi Akah, Ayam Srobsob, Ikan Bakar, Sop Kepala Ikan, dan Sate Be Pasih, Ledok Nusa Penida dan menu khas Klungkung lainnya.

Para pengunjung tampak menyerbu untuk menikmati hidangan menu di stand kuliner tersebut. Setidaknya ada 16 Pokdarwis (Kelompok Sadar Wisata) dari masing-masing desa wisata di Klungkung yang ikut berpartisipasi dalam festival diberi tajuk "Tegalsari Negari Energy Of The Sea".

Gelaran festival ini semakin meriah dengan pertunjukan belasan musisi kondang Bali. Di antaranya, penyanyi Bagus Wirata, Dewi Pradewi, XXX, Gede Bagus, Bayu KW, Dek Arya, Alin Dukuh, Eka Jaya, Gek Diah, D'Go Vasva Tison, dan pelawak Dogler & Denok.

Ketua Panitia Dewi Klungkung Kuliner I Gusti Ngurah Murthana, yang akrab disapa Rahman, mengatakan semua stand yang disediakan ini gratis. Begitupula bagi para pengunjung tidak dikenakan pungutan tiket masuk. "Kita berharap uang yang semestinya digunakan beli tiket itu, bisa digunakan untuk membeli makanan di stand kuliner ini," harap Rahman.

Ketua Pokdarwis Desa Negari ini berharap jika ke depannya situasi ekonomi sudah membaik diharapkan ada support dana dari pemerintah. Karena untuk kegiatan ini Forkom Dewi Klungkung menggali dana dari masyarakat, maupun dari sponsor yang berkenan. "Kita perjuangannya memang agak berat, karena kita tidak ada dana sama sekali, syukur - syukur bisa berjalan karena ada dukungan dana dari pelaku pariwisata, pengusaha hotel dan restoran, perbankan, dan lainnya," ujar Rahman.

Usaha penggalian dana dari masyarakat kembali untuk masyarakat, karena kepentingan ini juga untuk kemajuan desa wisata, pelaku UMKM Desa Wisata di Klungkung. "Kami siapkan ruang stand untuk memperkenalkan produk - produk olahan khas mereka," imbuh Rahman.

Ketua Forkom Dewi Kabupaten Klungkung I Wayan Malendra, berharap melalui daya tarik kuliner masing-masing desa wisata diharapkan menjadi awal masyarakat untuk lebih mengenal desa wisata di Kabupaten Klungkung. Sehingga dapat menarik minat mereka untuk mengenal daya tarik desa wisata lainnya seperti keindahan alam maupun tradisi budayanya diharapkan dapat mempererat hubungan seluruh desa wisata yang ada di Klungkung untuk terus bersinergi memajukan desa wisata di Kabupaten Klungkung.

Festival dibuka oleh Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta, Jumat (26/8), diawali aksi bersih - bersih di areal Pantai Tegal Besar.*wan

Komentar