nusabali

Bintang Puspayoga : Perempuan Memiliki Potensi Luar Biasa

KIRANA ITDC dan Kementerian PPPA Bahas Isu Kesetaraan Gender

  • www.nusabali.com-bintang-puspayoga-perempuan-memiliki-potensi-luar-biasa

MANGUPURA, NusaBali
Sebagai upaya mendukung kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan di dunia kerja, Kumpulan Insan Perempuan (KIRANA) yang bekerja di Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) berkolaborasi dengan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) menyelenggarakan side event G20 Ministerial Conference on Women Empowerment di The Nusa Dua, Jumat (26/8).

Dalam kegiatan itu dibahas sejumlah isu terkait kesamaan gender bagi perempuan di dunia kerja. Menteri PPPA Bintang Puspayoga, mengatakan kegiatan side event ini bertujuan untuk memberikan pemahaman terkait peran penting perempuan dalam dunia kerja. Dihadapan para peserta, Bintang Puspayoga menjelaskan bahwa konstitusi negara Indonesia, yaitu UUD 1945 telah memberikan mandat terkait kesetaraan gender atau posisi yang setara antara perempuan dan laki-laki, termasuk dalam partisipasi perekonomian.

“Kalau kita melihat tingkat partisipasi angkatan kerja, maupun berbagai data dan indeks, hal ini masih menjadi pekerjaan rumah bagi kita bersama untuk menyelesaikan permasalahan perempuan dan anak,” ujar Bintang Puspayoga dalam sambutannya.

Dia juga mengaku tidak hanya kontribusi terhadap angkatan kerja, Menteri PPPA juga menekankan pentingnya memberikan kesempatan bagi perempuan untuk menjadi pemimpin. Menurutnya, perempuan memiliki potensi luar biasa untuk berkontribusi pada ketahanan ekonomi, salah satunya di sektor pariwisata. Ketika perempuan diberikan kesempatan, dia akan mampu menjadi pemimpin yang baik. Tidak terlepas juga, perempuan harus saling mendukung satu sama lain. “Saya yakin dan percaya kalau melihat wajah optimis para perempuan di hadapan saya, KIRANA akan menjadi wadah yang bisa menginspirasi perempuan untuk maju,” katanya.

Sementara, Direktur Pengembangan Bisnis ITDC sekaligus Pembina KIRANA ITDC Ema Widiastuti mengapresiasi dan berterima kasih kepada Menteri PPPA Bintang Puspayoga yang telah hadir mengikuti seluruh kegiatan dan memberikan wawasan mengenai pentingnya peran perempuan, tidak hanya dalam kehidupan berumah tangga, melainkan juga di dunia kerja dan kehidupan sehari-hari. Menurut Ema, perempuan juga memiliki kemampuan leadership yang setara dengan laki-laki.

“Perempuan memiliki kemampuan dan kapasitas yang hebat untuk menjadi seorang pemimpin, memiliki kemampuan negosiasi yang baik, juga interpersonal yang kuat. Hal ini telah dibuktikan dengan adanya pemimpin-pemimpin perempuan dalam negeri yang sudah menunjukkan kemampuannya pada publik,” ujar Ema.

Dikatakan, KIRANA ITDC merupakan wadah bagi perempuan berkarya di agar dapat saling mendukung, membangun kapasitas, mampu beradaptasi, serta menjaga keseimbangan perannya untuk menghasilkan pemimpin perempuan di BUMN pada masa mendatang. Saat ini, terdapat 31 persen perempuan pelaku industri pariwisata perempuan telah bekerja di The Nusa Dua, termasuk yang menjadi bagian dari manajemen baik di industri perhotelan, food and beverage, hingga paguyuban pedagang pantai di kawasan The Nusa Dua.

“Ke depan kami ingin semakin meningkatkan jumlah perempuan untuk dapat berkecimpung lebih dalam dan lebih banyak di ITDC, juga di kawasan yang kami kelola. Kesempatan akan selalu terbuka bagi para perempuan yang merupakan pejuang hebat di Indonesia,” tegasnya. *dar

Komentar