nusabali

Bupati Giri Prasta Hadiri Karya Manusa Yadnya Desa Adat Taman

  • www.nusabali.com-bupati-giri-prasta-hadiri-karya-manusa-yadnya-desa-adat-taman

MANGUPURA, NusaBali
Sebagai wujud komitmen Pemerintah Kabupaten Badung dalam melestarikan adat agama tradisi seni dan budaya, bertepatan Sukra Wage Uye, Jumat (26/8), Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta menghadiri puncak Karya Ngasti Wedana lan Manusa Yadnya Desa Adat Taman, Kecamatan Abiansemal.

Turut hadir mendampingi Ketua DPRD Badung Putu Parwata, Anggota DPRD Badung Nyoman Dirgayusa, Kadis Kebudayaan I Gde Eka Sudarwitha, Camat Abiansemal Ida Bagus Putu Mas Arimbawa, Pemucuk Karya sekaligus Bendesa Adat Taman I Made Tantra, perwakilan PHDI Badung, perwakilan MDA Badung serta tokoh masyarakat setempat.

Dalam sambra wacananya Bupati Badung Giri Prasta memberikan apresiasi dan dukungan atas semangat persatuan yang telah ditunjukkan Krama Desa Adat Taman dalam melaksanakan Ngasti Wedana lan Manusa Yadnya. Pihaknya juga berharap upacara ini berjalan dengan lancar dan baik. “Kita semua harus selalu berpedoman dengan ajaran Agama Hindu berlandaskan Dharmaning Leluhur, Dharmaning Agama dan Dharmaning Negara,” ujarnya.

“Dharmaning Leluhur mengingatkan paiketan untuk selalu ingat kepada leluhur. Kemudian Dharmaning Agama mengingatkan paiketan ini untuk selalu ingat kepada Tuhan Yang Maha Esa dengan srada bakti dalam semua kegiatan. Dan Dharmaning Negara mengingatkan paiketan untuk berperan aktif mendukung program pemerintah dan pembangunan,” jelas Bupati Giri Prasta.

Lebih lanjut Bupati Giri Prasta mengatakan, pemerintah akan selalu mengayomi paiketan untuk saling bersinergi berjalan bersama di dalam kemajuan dan kesejahteraan masyarakat. Dengan dilaksanakan dharmaning ini, diharapkan bisa mempererat persaudaraan dan persatuan pasemetonan yang ada agar tidak terpecah belah. Pihaknya juga berkomitmen siap membantu bersama bendesa adat, agar uang krama tidak hanya habis untuk upacara adat saja. “Ini lah bukti nyata Pemerintah Kabupaten Badung dan saya sayang masyarakat,” imbuhnya.

Sementara Pemucuk Karya I Made Tantra menyampaikan banyak terima kasih atas kehadiran Bupati Giri Prasta bersama undangan lainnya dalam upacara Ngasti Wedana Lan Manusa Yadnya Desa Adat Taman ini. Dilaporkan bahwa karya ini sudah dimulai dari 12 Agustus 2022 dengan matur piuning nunas ica serta nunas don bingin, ngajum, menben dan mengked dilaksanakan pada 25 Agustus 2022. Untuk pesertanya melibatkan 31 sawa nyekah, mepetik 70 dan peserta metatah sebanyak 64 orang. Karya ini diadakan bertujuan untuk mengurangi beban masyarakat. *asa

Komentar