nusabali

Pemberian Bantuan ke Kelurahan Terbentur Regulasi

Bupati Sampaikan Jawaban Terhadap PU Fraksi-Fraksi DPRD Badung

  • www.nusabali.com-pemberian-bantuan-ke-kelurahan-terbentur-regulasi

MANGUPURA, NusaBali
Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta menghadiri Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Badung dengan agenda Penyampaian Jawaban Pemerintah Terhadap Pemandangan Umum (PU) Fraksi-Fraksi DPRD Badung atas Ranperda tentang Perubahan APBD Tahun Anggaran 2022, Jumat (26/8).

Dalam rapat paripurna tersebut, Bupati Giri Prasta juga menyinggung salah satunya terkait bantuan kepada kelurahan tak bisa diberikan secara langsung, sebab kelurahan statusnya berbeda dengan desa.

Penekanan ini sekaligus menjadi jawaban Bupati Giri Prasta atas saran dari Fraksi Badung Gede yang disampaikan saat memberikan PU beberapa waktu lalu. Menurutnya, kelurahan merupakan wilayah administratif bagian dari kecamatan yang statusnya berbeda dengan desa, sehingga menurut regulasi tidak dapat diberikan bantuan keuangan seperti halnya dana desa.

Namun demikian, lanjut Bupati Giri Prasta, untuk menghindari adanya ketimpangan pembangunan antara desa dan kelurahan, pihaknya telah menerapkan strategi pembangunan khusus untuk kelurahan. “Kegiatan pembangunan dilaksanakan oleh perangkat daerah tingkat kabupaten dengan memprioritaskan aspirasi masyarakat yang disalurkan melalui Musrenbang,” katanya.

Bupati juga menjawab terkait belanja hibah ditahun anggaran 2022 mengalami peningkatan yang cukup tinggi mencapai 158 persen. Terhadap hal tersebut, Bupati Giri Prasta menegaskan belanja hibah dimaksudkan untuk mengentaskan program yang selama ini tertunda. “Atas peningkatan belanja hibah yang cukup signifikan kenaikannya, ini merupakan wujud pengentasan atas berbagai program dan kegiatan yang sebelumnya tertunda karena pandemi Covid-19. Diharapkan hal ini akan memberikan dampak dan manfaat kepada masyarakat Badung tercinta,” tegasnya.

Pada kesempatan itu, bupati asal Desa Pelaga, Kecamatan Petang ini sekaligus menyampaikan apresiasi atas kinerja dan analisis Dewan terhadap Ranperda tentang Perubahan APBD Badung Tahun Anggaran 2022. Dikatakan hal ini mencerminkan kesungguhan Dewan dalam melakukan analisa, sehingga dapat memberikan masukan dan saran bersifat konstruktif dalam rangka menyempurnakan dokumen tersebut. “Saya menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh fraksi atas masukan, usul, dan sarannya,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua DPRD Badung Putu Parwata, mengatakan jawaban pemerintah terhadap pandangan umum fraksi-fraksi DPRD Kabupaten Badung sudah sangat jelas oleh bupati. “Kita bekerja sama dengan pemerintah selalu sinergi, selalu memberikan koreksi yang positif, seperti yang sudah disampaikan oleh Bupati, beliau sudah sampaikan akan menggunakan anggaran dengan seefektif mungkin dan sebaik mungkin,” ujarnya. *ind, asa

Komentar