nusabali

Sambut Marathon 2022, Gianyar Siapkan Fragmen Calonarang

  • www.nusabali.com-sambut-marathon-2022-gianyar-siapkan-fragmen-calonarang

GIANYAR, NusaBali
Sebagai tuan rumah, Gianyar menyiapkan fragmen tari Calonarang untuk menyambut ribuan pelari Maybank Marathon, Minggu (28/8).

Camat Gianyar Komang Alit Adnyana mengatakan fragmen tari ini akan tampil di Kelurahan Abianbase. "Lokasinya di persimpangan menuju Lingkungan Tedung," jelasnya, dalam rapat persiapan bersama Polsek Gianyar, Dinas PUPR, Dinas Lingkungan Hidup serta Diskominfo, Kamis, (25/8) di Ruang Camat Gianyar.

Fragmentari ini sebagai bentuk apresiasi masyarakat Gianyar terhadap even tahunan yang melibatkan kurang lebih 9.000 peserta dari 40 negara. Lebih-lebih even ini digelar pasca pandemi, sehingga menjadi salah satu momentum pemulihan pariwisata dan ekonomi di Bali, khususnya Gianyar. Dijelaskannya, Maybank Marathon 2022 akan melalui sejumlah desa di Gianyar. Start dan finishnya di Kecamatan Gianyar, tepatnya di Bali Safari & Marine Park, Desa Lebih. Desa yang dilalui yakni Ketewel, Guwang, Sukawati, Saba, Pering, Blahbatuh, Belega, Bona, Bitera, Gianyar, Abianbase, Tedung, Keramas, Medahan. Ada tiga kategori lomba yakni Marathon 42 km start pukul 04.30 Wita, Half Marathon 21 km start pukul 05.15 Wita, dan 10K Run start pukul 06.00 Wita.

Alit Adnyana menambahkan, selain memastikan kenyaman dan keamanan peserta, pihaknya juga bekerja sama dengan kepala lingkungan dan masyarakat pada wilayah yang dilewati peserta lomba juga telah menyiapkan beberapa fasilitas toilet di sepanjang rute yang dilalui termasuk melibatkan pecalang dari sisi keamanan. Begitu juga keberadaan lampu penerang jalan dipastikan dalam kondisi menyala dan tidak tertutup pohon perindang jalan.

Kapolsek Gianyar Kompol I Ketut Tomiyasa SH MH mengatakan, sekitar 400 personel Polres Gianyar akan mengamankan jalannya Maybank Marathon 2022. Kepada masyarakat diharapkan menghindari rute yang sudah ditetapkan dan mencari jalur alternatif. Pengamanan akan dibantu pecalang dari desa yang dilalui. “Kami harapkan kerja sama semua pihak sebagai tuan rumah. Keamanan dan kenyamanan peserta menjadi prioritas kami,” tegas Kompol Tomiyasa.*nvi

Komentar