nusabali

Desa Padangan Mantapkan Pelatihan Lansia

  • www.nusabali.com-desa-padangan-mantapkan-pelatihan-lansia

TABANAN, NusaBali
Desa Padangan, Kecamatan Pupuan, Tabanan, mantapkan pelatihan perawatan bagi warga lanjut usia (lansia).

Kader yang dilatih ini sebanyak 20 orang termasuk dari pihak keluarga. Pelatihan ini bertujuan untuk mencegah adanya lansia telantar.  Perbekel Padangan I Wayan Wardhita, mengatakan pelatihan perawatan lansia adalah kegiatan dari Dinas Kesehatan Tabanan. Kemudian lebih dimantapkan lagi di desa. “Ada 20 kader yang kami latih,” kata Wardhita, Rabu (23/8).

Menurut Wardhita, pelatihan ini berlangsung selama dua hari. Banyak materi yang diberikan untuk memberikan pemahaman perawatan lansia, terutama lansia yang tidak mandiri. Mulai dari cara memberikan makan, mengganti diapers (popok sekali pakai), hingga cara memberikan pelayanan kesehatan. “Tujuan dari perawatan lansia untuk mencegah adanya lansia telantar,” tegasnya.

Dia menyebutkan di Desa Padangan sekarang ada 229 lansia. Dari jumlah itu 71 orang yang risiko tinggi. Risiko tinggi ini adalah berusia 70 tahun ke atas. “Sementara selebihnya ini lansia aktif, kita berharap pelatihan ini dapat memberikan rasa nyaman kepada lansia kita,” tandas Wardhita. *des

Komentar