nusabali

Sehari, Bank Sampah Banjar Tengah Terima 415 Kg Sampah Non Organik

  • www.nusabali.com-sehari-bank-sampah-banjar-tengah-terima-415-kg-sampah-non-organik

DENPASAR, NusaBali
Bank Sampah Mawar yang ada di Banjar Tengah, Kelurahan Peguyangan, Denpasar Utara, menerima 415 kilogram sampah dalam sehari, Minggu (21/8).

Sampah yang terkumpul merupakan sampah non organik yang dibawa langsung oleh warga lingkungan setempat.  Lurah Peguyangan Gede Sudi Arcana, mengatakan pihaknya memberikan apresiasi kepada warganya yang mau datang dan mengumpulkan sampah ke bank sampah. Kegiatan ini dilakukan setiap bulan di pekan ketiga.

Proses bank sampah ini sebagai bentuk edukasi pada warga, agar tetap mau memilah sampah di rumah tangga masing-masing sebelum membuang ke tempat pembuangan akhir.

“Memang perlu perlahan-lahan untuk pemberian pemahaman terkait pengelolaan sampah di masyarakat. Kami ingin warga kami teredukasi dengan baik, perihal pemanfaatan sampah organik yang masih bisa diolah menjadi kompos. Maka untuk itu kami tidak bosan, selalu menyuarakan hal ini,” kata Gede Arcana.

Untuk memancing animo masyarakat agar turut terlibat dalam penimbangan sampah, ke depannya Kelurahan Peguyangan akan menyiapkan semacam reward dalam bentuk hadiah atau door prize kepada warganya yang rajin mengumpulkan sampah saat penimbangan.

“Kami mengimbau, ayo para warga, gunakan kesempatan untuk memanfaatkan keberadaan bank sampah untuk lebih tahu dan tepat sasaran dalam hal pengelolaan dan pemanfaatan sampah. Kami memiliki catatan pada buku kami, sehingga terdata siapa saja warga yang aktif pada kegiatan tersebut,” ujar Gede Arcana. *mis

Komentar