nusabali

Kapolsek Mapunia Ngaben di Kedisan

  • www.nusabali.com-kapolsek-mapunia-ngaben-di-kedisan

GIANYAR, NusaBali
Kapolsek Tegallalang, Gianyar, AKP I Ketut Sudita menyerahkan punia kepada krama di Banjar Adat Ked Taro dan Banjar Kebon, Desa Kedisan, Kecamatan Tegallalang, Gianyar.

Krama dua banjar setempat  melaksanakan upacara Pitra Yadnya Atiwa-tiwa atau Ngaben Massal, Kamis (18/8). Kapolsek Tegallalang Ketut Sudita, didampingi Bhabibkamtibmas Bripka I Made Wartu, mengatakan puncak Ngaben Massal di Banjar Ked dan Banjar Tangkas dilaksanakan pada Kamis (18/8) di Setra Adat Ked Setra Adat Kebon yang dihadiri krama pengarep dan banjar adat. Prosesi dipuput oleh Jro Mangku Dalem.

Sawa (jenazah) yang diaben di Banjar Adat Ked 32 sawa dan Banjar Kebon 22 sawa. Pangabenan ini menggunakan sarana petulangan berupa Peti, Gajah Mina, dan Lembu ukuran kecil. "Kami menyerahkan punia kepada masing - masing banjar adat berupa sekarung beras dan 5 dus air mineral kemasan yang diterima oleh kelian adat dan bendesa didampingi prajuru lainnya," ujarnya.

Selain itu, Polsek Tegallalang juga menerjunkan anggota untuk pengamanan dan membantu kelancaran prosesi Ngaben dengan maksimal. "Kami juga terus mengimbau agar prajuru menyampaikan kepada krama, untuk tetap memperhatikan prokes Covid-19. Imbauan ini amat penting agar rangkaian kegiatan berjalan dengan lancar dan selamat," paparnya. *nvi

Komentar