nusabali

Orang Terkaya Inggris Siap Beli 'Setan Merah'

  • www.nusabali.com-orang-terkaya-inggris-siap-beli-setan-merah

LONDON, NusaBali
Pengusaha Inggris Jim Ratcliffe dipastikan menjadi calon pembeli terkuat Manchester United (MU), jika raksasa sepakbola Inggris itu dijual ke pasar.

Demikian ditegaskan kata juru bicara miliarder petrokimia Ineos itu pada Kamis (18/8). Ineos menanggapi laporan, bawah pemilik MU saat ini, keluarga Glazer yang berbasis di AS, sedang mempertimbangkan menjual saham minoritas ‘Setan Merah’ yang sedang melewati awal musim menyedihkan di bawah manajer baru Erik ten Hag.

Juru bicara Ineos mengatakan kepada The Times, bahwa Ratcliffe yang merupakan orang terkaya di Inggris, siap membeli saham tersebut sebagai awal untuk sepenuhnya mengendalikan Old Trafford.

"Jika hal seperti ini mungkin, kami akan tertarik berbicara dengan tujuan kepemilikan jangka panjang," kata juru bicara itu.

Keluarga Glazer, yang membeli MU pada 2005 dengan dana dari utang, yang kemudian membebani klub dengan utang besar. Glazer sejak lama dituduh mengeruk keuntungan jauh lebih banyak dari dana yang diinvestasikan, termasuk dalam hal dana transfer pemain. Mereka kian membuat marah suporter MU setelah mendukung proyek kontroversial Liga Super Eropa pada April 2021.

"Ini bukan tentang uang yang dibelanjakan atau tidak dibelanjakan," kata juru bicara Ineos. "Jim sedang mempelajari apa yang dapat dilakukan saat ini dan, dia tahu betapa pentingnya klub ini untuk kota itu (Manchester), rasanya waktu yang tepat untuk menata ulang."

Ratcliffe adalah penggemar berat ‘Setan Merah’ dan gagal mengakuisisi Chelsea pada Mei lalu karena kalah dari konsorsium pimpinan pengusaha AS Todd Boehly. Ineos sendiri memiliki klub sepakbola Ligue 1 Prancis Nice, klub Swiss FC Lausanne-Sport, tim balap sepeda Team Sky, dan juga mensponsori Mercedes yang jadi juara dunia konstruktor Formula 1.

Ketertarikan mereka membeli saham Glazer muncul setelah Elon Musk, orang terkaya di dunia menyatakan hanya bercanda soal membeli MU.

Laporan lain, Ratcliffe diklaim tidak menjadikan Setan Merah sebagai ladang penghasil cuan.  Kemunculan Sir Jim Ratcliffe sebagai kandidat pemilik MU semestinya disambut baik oleh fans MU. Apalagi jika mengetahui bahwa dia bukan orang yang maruk uang. **ant

Komentar