nusabali

7 Desa Diusulkan Jadi Kampung Rumput Laut

  • www.nusabali.com-7-desa-diusulkan-jadi-kampung-rumput-laut

SEMARAPURA, NusaBali
Tujuh desa di Kecamatan Nusa Penida, Klungkung, diusulkan menjadi Kampung Budidaya Rumput Laut ke Putsa, oleh Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan (DKPP) Klungkung.

Langkah ini untuk mendukung pengembangan budidaya rumput laut di pulai itu. Tujuh desa itu, Desa Suana, Kutampi Kaler, Batununggul, Ped, Toya Pakeh, Lembongan, dan Desa Jungutbatu. Kamis (18/8), Kepala DKPP Klungkung I Dewa Ketut Sueta Negara mengatakan usulan tersebut ditujukan ke Direktorat Jendral Perikanan dan Budidaya KKP (Kementerian Kelautan dan Perikanan), Juli 2022.

Jelas dia, beberapa keuntungan yang didapat, ketika suatu desa ditetapkan menjadi Kampung Budidaya Rumput Laut, yakni kemudahan akses ke pemerintah pusat untuk segala aktivitas budidaya rumput laut. Adanya program berkelanjutan dari pemerintah pusat untuk pengembangan kampung budidaya rumput laut, serta adanya pengembangan bibit untuk keberlangsungan budidaya rumput laut.

Dewa Sueta mengatakan, saat ini budidaya rumput laut kembali berkembang pesat ketika pandemi Covid-19. "Harga rumput laut di Nusa Penida juga bagus, Rp 38.000/kg untuk rumput laut kering," kata Dewa Sueta. Di Kecamatan Nusa Penida terdapat potensial budidaya rumput laut pada lahan perairan 308 hektare. *wan

Komentar