nusabali

Puluhan Tukik Dilepas di Pantai Penimbangan

  • www.nusabali.com-puluhan-tukik-dilepas-di-pantai-penimbangan

SINGARAJA, NusaBali
Perayaan HUT ke-77 Republik Indonesia di kawasan Pantai Penimbangan, Desa Baktiseraga, Kecamatan Buleleng, dimeriahkan  dengan cara melepas puluhan ekor tukik hasil penangkaran ke pantai.

Kegiatan pelepasan total 70 ekor tukik ini dikooordinator langsung oleh Gede Windra Lesmana yang juga pemilik salah satu usaha angkringan di kawasan Pantai Penimbangan, Rabu (17/7) petang. Kegiatan ini juga diikuti oleh puluhan pengunjung kawasan Pantai Penimbangan dengan antusias, yang dibagi dalam 2 titik pelepasan.

Sebanyak 70 ekor tukik yang dilepas adalah hasil penangkaran para nelayan setempat. Ini merupakan bagian dari upaya kalangan anak muda berpartisipasi dalam menjaga ekosistem di laut khususnya di Pantai Penimbangan.

"Kami perwakilan anak muda ingin bergerak atas nama nelayan, untuk menjaga ekosistem pantai, penyu dan terumbu karang. Selain kami juga memunculkan kuliner khas di pantai penimbangan. Ini adalah upaya positif dari kalangan anak muda bergerak di bidang usaha," kata Windra.

Menurut Windra, melalui perayaan HUT RI ini adalah momen terbaik untuk menjaga ekosistem pantai. Sehingga, satwa yang hidup di pantai khususnya di pantai Penimbangan tetap terjaga dengan baik agar tidak punah. "Ya kami menjaga keseimbangan laut, dengan harapan penyu yang ada di Pantai Penimbangan tidak punah," ujar Windra.

Dengan mengambil tema 'Anak Muda Bersemangat, Buleleng Kreatif', Windra bersama kalangan anak muda yang bergerak di bidang usaha kuliner angkringan di kawasan Pantai Penimbangan ingin berbagi sesama, tidak saja hanya menunjukkan kepedulian terhadap lingkungan ekosistem pantai.

"Kami juga menyisihkan hasil dari pendapatan kami dengan berbagai 10 paket sembako untuk warga sekitar. Kami ingin menunjukkan kepedulian terhadap ekosistem yang harus dijaga dengan baik, selain juga Pantai Penimbangan yang tenang dan punya kuliner," pungkas Windra. *mz

Komentar