nusabali

LSI Denny JA: Jika Pilgub Hari Ini, Jakarta Punya Gubernur Baru

  • www.nusabali.com-lsi-denny-ja-jika-pilgub-hari-ini-jakarta-punya-gubernur-baru

Lembaga Survei Indonesia (LSI) Denny JA melakukan survei terkait dengan Pilgub DKI Jakarta putaran kedua.

JAKARTA, NusaBali
Hasilnya, pasangan calon Anies Baswedan-Sandiaga Uno diprediksi menang. "Kalau pilkada digelar pada saat survei dilakukan, maka Jakarta akan punya gubernur baru, Anies-Sandi. Pasangan ini mendapatkan suara sebesar 51,4 persen," kata peneliti LSI Denny JA, Ardian Sofa, di kantornya, Jalan Pemuda, Rawamangun, Jakarta Timur, Kamis (13/4), seperti dilansir detikcom.

Ardian mengatakan, angka dukungan suara terhadap paslon nomor urut 3 ini baru pertama kali mencapai angka 50 persen. Dalam survei-survei LSI yang digelar sebelumnya, paslon ini belum pernah mendapatkan angka sebesar itu.

"Di survei sebelumnya, Anies-Sandi hanya mendapatkan angka di bawah 50 persen. Tapi data terbaru hasilnya lebih 50 persen. Hasil ini juga ditunjukkan oleh lembaga survei selain LSI," ujarnya.

Sementara itu, untuk paslon Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Saiful Hidayat mendapatkan angka dukungan 42,7 persen, sehingga selisih angka di antara kedua paslon ini mencapai 8,7 persen.

Ardian mengatakan, jika diamati dukungan suara selama Maret-April 2017, kedua pasangan mendapatkan peningkatan dukungan. Jumlah kenaikan dukungan untuk Ahok-Djarot lebih tinggi daripada Anies-Sandi.

"Selisih suara antarkeduanya ada sekitar 8,7 persen. Kalau di-tracking, masing-masing kandidat mengalami kenaikan dukungan pada periode Maret-April. Meskipun begitu, Ahok-Djarot mendapatkan dukungan yang lebih tinggi pada periode ini," katanya.

Survei yang dilakukan pada 7-10 April 2017 ini menggunakan metode survei tatap muka. Ada 440 responden yang diikutsertakan dalam survei ini yang berasal dari berbagai kalangan dari lima pemerintah kota serta Kabupaten Kepulauan Seribu.

Responden tersebut dipilih menggunakan metode multistage random sampling. Margin of error survei ini sekitar 4,8 persen. Dalam survei ini diterapkan berbagai pendekatan kategori, seperti segi pendidikan, tingkat ekonomi, dan segmen usia. *

Komentar