nusabali

Rayakan HUT RI Jelang Verifikasi Parpol

KPU Karangasem Lomba Makan Kerupuk

  • www.nusabali.com-rayakan-hut-ri-jelang-verifikasi-parpol

AMLAPURA, NusaBali
Menjelang tahapan verifikasi parpol calon peserta Pemilu 2024 (16-29 Agustus 2022), KPU Karangasem masih sempat rayakan HUT ke-77 Republik Indonesia dengan menggelar lomba makan kerupuk, di Sekretariat KPU, Jalan Bhayangkara Amlapura, Senin (15/8).

Acara lomba makan kerupuk dikemas secara unik. Kerupuk yang diikat, kemudian digantung menggunakan dua tali diperebutkan peserta beregu. Setiap regu terdiri dari tiga orang, satu orang bertugas memegang dua tali kerupuk dengan mata ditutup masker, dan dua orang lagi tugasnya memakan krupuk.

Peserta yang makan kerupuk mesti mampu menyesuaikan tinggi rendahnya tali pengikat kerupuk, karena posisi kerupuk kadang ditarik ke atas dan ke bawah, sehingga lehernya bisa memanjang ke atas dan bisa menunjuk ke bawah.

Hadir  dalam lomba, Anggota KPU Divisi Teknis dan Penyelenggaraan I Putu Darma Budiasa, Anggota KPU Divisi Perencanaan Data dan Informasi I Gede Krisna Adi Widana, Anggota KPU Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih Partisipasi Masyarakat dan Sumber Daya Manusia Putu Deasy Natalia.

"Sebelum memulai verifikasi parpol yang telah mendaftar di KPU RI, kami rayakan HUT RI, biar tambah semangat jelang Pemilu Legislatif 2024," jelas Divisi Teknis dan Penyelenggaraan I Putu Darma Budiasa.

Disebutkan Darma, ada empat parpol baru di Karangasem telah mendaftar di KPU RI (secara nasional), yakni PKN, Partai Gelora, Partai Buruh dan Partai Ummat. Kemudian ada partai yang tidak lolos parlemen (ke DPR RI) di Pemilu 2019 yakni Perindo, Hanura, Berkarya, PSI, Garuda, PBB dan PKPI.

Kemudian ada 9 parpol yang lolos DPR RI yakni PDIP, Golkar, Gerindra, PKB, NasDem, PKS, Demokrat, PAN dan PPP. "Teknis verifikasinya, menunggu data limpahan dari KPU RI, data itulah yang diverifikasi di lapangan, pertama verifikasi administrasi untuk semua parpol kedua verifikasi faktual untuk parpol yang tidak lolos DPR RI," jelasnya. *k16

Komentar