nusabali

Suryo Putranto Jawara Kerjunas Negaroa Bahagia Wisata Rally

  • www.nusabali.com-suryo-putranto-jawara-kerjunas-negaroa-bahagia-wisata-rally

NEGARA, NusaBali
Pereli senior Suryo Putranto bersama Suryo Prihatmanto (navigator 1), Rizky Eka Adikara (navigator 2) dan Dio Satrio Yudhonugroho (penumpang), sukses menyabet gelar juara umum  dalam gelaran Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Time Rally Putaran 2 bertajuk Negaroa Bahagia Wisata Rally 2022 di Jembrana, Bali, 13-14 Agustus.

Pereli asal Surabaya ini berhasil menjadi jawara dengan angka hukuman terendah yaitu 626 berdasarkan perhitungan akumulasi hukuman di 2 etape dan 4 trayek. Suryo Putranto cs yang tergabung dalam DMO Banteng Motorsport-SITU-Suzuki Rally Team, mengungguli jawara pada Kejurnas Putaran 1 di Sulawesi Selatan bulan Juli lalu, yang M Gustapriya A, Candra Hadiqadriman dan Aloysius Adinta Santosa.

Kali ini Gustapriya dkk di bawah bendera Protect Sport Rally Team, harus puas berada di posisi ketiga dengan memperoleh angka hukuman 1.244 pada Kujurnas putaran 2 ini.

Sementara posisi juara kedua diraih oleh pereli tim TSDC, yaitu Tegar Adidharma, Rizky Amirullah dan Sukma Elmie Permata Putra dari Jawa Timur dengan angka hukuman 1.152. Posisi keempat direbut pereli Priandono Hernanto, Susuila Hutama dan Alfian Rudianto Malaka yang juga dari Jawa Timur dengan angka hukuman 1.497. Dan disusul posisi kelima diraih pereli Hyundai Gowa Rally Team, Taufiqurrahman, Bambang Feriyanto dan Nuri Salmun yang merupakan pasangan gado-gado dari Bali dan DKI Jakarta dengan angka hukuman 1.617.

Sukses yang diraih pereli Suryo Putranto dkk ini pun terasa sempurna setelah timnya DMO Banteng Motorsport-SITU-Suzuki Rally Team juga meraih sukses besar dengan menempatkan dua pereli lainnya di posisi sepuluh besar. Yaitu Gerry Rosanto, Didi Dewanto dan Nur Ariza P dari Jawa Timur di posisi delapan serta Dawan Anggara, Roy Adranto dan M Iqbal Hatta dari Jawa Tengah-Sulawesi Selatan di posisi kesembilan.

Tim mereka pun sekaligus menyabet gelar juara pertama kategori Tim Klub Nasional. Sementara posisi kedua dan ketiga kejuaraan tim klub diraih Protect Sport Rally Team dan Hyundai Gowa Rally Team.

Pereli andalan tuan rumah yang juga Wakil Bupati Jembrana I Gede Ngurah Patriana Krisna (Ipat) dengan navigator Inda Swari Dewi, I Nyoman Perdana dan Komang Kesal Krisna, masih bisa menunjukkan kemampuannya di ajang time rally dengan menempati posisi kesembilan di kategori Seeded B. Sedangkan juara pertama hingga ketiga di kategori Seeded B, masing-masing diraih oleh Priandono Hernanta dkk dari Jawa Timur, Lambang Trikuncoro Wahyu dkk dari Yogyakarta, dan Hendy Wijaya dkk yang juga dari Yogyakarta.

Sedangkan di kategori kejuaraan wanita, pereli asal Bali Ni Nyoman Yulia Artawati, Luh Putu Eka Suryani dan Renisa Cantiputri dari Daihatsu SIG Rally Team berhasil menjadi kampiun. Mereka berhasil mengungguli pereli yang merupakan rekan setimnya asal Kalimantan Timur, Noor Awalah, Wenda Lussy Jeane dan Detty Damayanti yang berada di posisi kedua.

Sedangkan pereli Bali lainnya Ni Komang Sukma Giri P, M Adelia Desintha D, Ni Komang Ayu Diah S, dan Ni Luh Putri Junian A berhasil menyabet posisi ketiga. Ni Komang Sukma Giri P dkk ini adalah rekan satu team Wabup Ipat di SNK Jembrana Team.

Wabup Ipat yang juga Ketua Panitia Negaroa Wisata Rally 2022 saat acara penobatan pemenang di Angkringan Negaroa Bahagia, Minggu (14/8) malam, menyampaikan bahwa secara keseluruhan, jalannya Kejurnas Time Rally Putaran 2 ini berjalan lancar. Bahkan di sepanjang rute yang dilalui peserta reli, masyarakat sangat antusias memberikan sambutan sekaligus menyaksikan para pereli dari berbagai daerah bertarung sambil menikmati objek-objek wisata di Kabupaten Jembrana. "Sangat berbangga  karena pereli-pereli lokal Bali khususnya Jembrana, walaupun belum menembus 10 besar di Kejuaraan Umum Nasional, tetapi berhasil mendominasi raihan kemenangan di kategori Non Seeded Nasional dan kategori Pemula Lokal," ujar Wabup Ipat.

Hal senada juga diungkapkan sang jawara, Suryo Putranto yang sekaligus sebagai Ketua Komisi Time Rally IMI Pusat. Dirinya memberikan apresiasi sekaligus pujian karena peserta dalam Kejurnas di Jembrana ini mampu menembus jumlah fantastis. Yaitu total 75 peserta, di mana 57 diantaranya adalah peserta Kejurnas.

Sementara Bupati Jembrana I Nengah Tamba dalam sambutannya, juga menyatakan berterima kasih atas keterlibatan pereli-pereli dari berbagai daerah dalam Kejurnas Time Rally di Kabupaten Jembrana ini. Bahkan melihat antusiasme peserta dari berbagai daerah yang sedemikian besar, dirinya berharap tahun depan Kabupaten Jembrana bisa dipercaya kembali menjadi tuan rumah di salah satu seri Kejurnas.

"Saya rasa Jembrana sangat layak menjadi tuan rumah kembali. Mengingat Kabupaten Jembrana ini memiliki banyak sekali potensi wisata yang dapat dinikmati wisatawan. Selain itu karena Jembrana juga sangat mendukung pusat wisata otomotif, mengingat alamnya yang mendukung untuk perhelatan di berbagai  jenis kejuaraan otomotif," ucap Bupati Tamba yang juga berencana akan memberangkatkan Wabup Ipat sebagai pereli andalan Jembrana pada Kejurnas Putaran Ketiga di Kalimantan Timur nanti.*ode

Komentar