nusabali

Rayakan HUT ke-77 RI, Seratusan Calon Naker Gelar Jalan Santai

  • www.nusabali.com-rayakan-hut-ke-77-ri-seratusan-calon-naker-gelar-jalan-santai

AMLAPURA, NusaBali
Seratusan calon tenaga kerja (naker) magang ke luar negeri merayakan HUT ke-77 Republik Indonesia dengan jalan santai, lomba karaoke, dan potong tumpeng. Mereka jalan santai keliling kota Amlapura, Senin (15/8).

Kegiatan ini juga serangkaian perayaan HUT ke-7 Yayasan Marina Duta Mandiri yang menaungi 3 lembaga kursus. Ketiga lembaga kursus itu yakni LPK (Lembaga Pelatihan Kerja) World Training Center Hotel and Cruise Line, LPK World Training Center Pemagangan di Jepang, dan LKP Colombus International Course.

Ketua Panitia I Made Adnyana mengungkapkan, jalan santai diikuti 138 siswa. Kegiatan dihadiri Direktur LKP Colombus International Course I Gusti Ayu Nyoman Meiyari, Manager LPK WTC Pemagangan di Jepang Made Mardiana Trisnawati, dan Direktur LPK WTC Hotel and Cruise Line Ni Nyoman Juli Suwantari. “Ini ulang tahun pertama diisi dengan jalan santai sekaligus perayaan HUT ke-77 RI. Sebelumnya hanya ulang tahun di lingkungan kampus secara sederhana,” jelas Gusti Ayu Nyoman Meiyari.

Saat jalan santai sekalian sosialisasi tentang kampus. “Izin yang kami miliki untuk mendidik calon tenaga kerja magang, bukan TKI. Sepulang dari magang, bisa menjadi calon tenaga kerja,” jelasnya. Gusti Meiyari menambahkan LKP Colombus International Course mengajarkan bahasa Jepang, bahasa Inggris, bahasa Jerman, bahasa Perancis, dan bahasa Spanyol.

Sementara Made Mardiana Trisnawati mengatakan, telah mengirim puluhan calon tenaga kerja magang ke Jepang. “Daftar tunggu yang akan diberangkatkan untuk magang di Jepang sebanyak 33 siswa,” ungkap Manager LPK WTC ini. Siswa yang magang ke Jepang bekerja di pertanian, peternakan, konstruksi, pengolahan makanan, dan budidaya kerang. Setiba di Jepang kembali ditraining selama 6 bulan agar benar-benar siap menjalankan tugas sesuai kebutuhan industri di Jepang.

Hal senada dipaparkan Ni Nyoman Juli Suwantari. :Sebanyak 12 siswa yang menjalani pelatihan masuk daftar tunggu magang di Thailand selama 6 bulan. Selesai magang, baru masuk daftar calon tenaga kerja, kami juga yang membantu mengurus administrasinya,” jelas Direktur LPK WTC Hotel and Cruise Line ini. Disebutkan, WTC Hotel and Cruise Line punya empat bidang kejuruan yakni tata graha, tata hidangan, tata boga, dan spa therapist. *k16

Komentar