nusabali

Pasar Gianyar Dijaga 3 Shift 34 Satpam

Pasca Pencurian 7 Kampil Ikan Teri

  • www.nusabali.com-pasar-gianyar-dijaga-3-shift-34-satpam

GIANYAR, NusaBali
Pasca terjadi pencurian 7 kampil ikan teri di Pasar Rakyat Gianyar (PRG), penjagaan pasar dan kamera CCTV diintensifkan.

Saat ini, PRG diawasi 34 petugas keamanan dalam 3 shift. Kepala UPT PRG Nengah Arnawa, Senin (15/8), menjelaskan saat kejadian petugas memang lagi apes. Dikatakan Arnawa, pedagang kehilangan pada 1 Agustus dan baru diketahui 5 Agustus, dan langsung melapor. "Pada saat kejadian, petugas lagi istirahat siang, sehingga momen tersebut dimanfaatkan pelaku pencurian," jelas Nengah Arnawa. Dikatakan lagi, pelaku tampaknya sudah mempelajari situasi di dalam pasar dan memanfaatkan waktu istirahat petugas keamanan untuk beraksi.

Kata Arnawa, PRG dilengkapi CCTV di 24 titik dan pos pemantau CCTV ada di lantai 1. 10 petugas keamanan mulai bekerja mulai pukul 04.00 Wita dan bekerja selama 6 jam. "Untuk menyiasati kekosongan petugas saat istirahat, maka istirahat bergantian, juga saat pergantian shift satu kedua, dilakukan bergiliran sehingga tidak terjadi kekosongan petugas di titik pantau," jelasnya.

Disisi lain, dari monitor CCTV juga akan memberi info kepada petugas bila dalam pantauan ada orang mencurigakan. "Dari baru buka, hanya satu kasus itu saja, astungkara tidak ada lagi kasus baru," ujarnya.

Sedangkan bagi pedagang di PRG, diimbau agar menyimpan barang dagangan dalam keadaan terkunci, sehingga kalau ada yang membuka paksa, akan terpantau di CCTV. "Jumlah petugas sudah memadai, petugas keamanan juga sudah diperintahkan tidak terlalu lama memanfaatkan waktu istirahat," tegasnya. *nvi

Komentar