nusabali

BPBD Karangasem Bersihkan Pohon Tumbang

  • www.nusabali.com-bpbd-karangasem-bersihkan-pohon-tumbang

AMLAPURA, NusaBali
Pohon lamtoro panjang 5 meter dengan diameter 25 cm tumbang ke jalan raya di Banjar Perasi Kelod, Desa Pertima, Kecamatan Karangasem, Minggu (14/8).

Imbasnya, jalan menuju Pantai Pasir Putih tertutup. Perbekel Desa Pertima I Gusti Ayu Biksuni melaporkan kejadian itu ke BPBD Karangasem. Kepala Pelaksana BPBD Karangasem Ida Bagus Ketut Arimbawa bersama anggota membersihkan pohon yang tumbang. Dalam sehari, BPBD membersihkan tiga pohon tumbang di tempat berbeda.

Di jalur yang sama, pohon canging panjang 7 meter dengan diameter 25 cm tumbang menimpa kabel milik PT PLN. Penanganan pohon tumbang berkoordinasi dengan PLN untuk memutuskan aliran listrik sebelum pembersihan. Setelah kondisi di lapangan dinyatakan aman dan tidak ada aliran listrik, BPBD melakukan penanganan. “Sangat berbahaya jika aliran listrik masih ada, petugas yang melakukan pemotongan kayu bisa kena strum,” ungkap Ida Bagus Arimbawa.

Satu lagi pohon kendal panjang 10 meter dengan diameter 40 cm tumbang di Banjar Batu Gede, Desa Duda Timur, Kecamatan Selat. Warga setempat I Ketut Suardana yang melaporkan kejadian itu ke Kantor BPBD Karangasem. Menurut Ida Bagus Ketut Arimbawa, di jalur Banjar Batu Gede rawan tanah longsor. Langganan terjadi tanah longsor di setiap musim hujan. “Syukurnya kali ini tanah longsor mulai berkurang, hanya terjadi pohon tumbang,” ungkap Ida Bagus Arimbawa. *k16

Komentar