nusabali

Adira dan Kemenparekraf Gelar Festival Kreatif Lokal 2022 di Desa Wisata Undisan

  • www.nusabali.com-adira-dan-kemenparekraf-gelar-festival-kreatif-lokal-2022-di-desa-wisata-undisan

BANGLI, NusaBali.com - Untuk mendukung pengembangan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif, Adira Finance bersinergi dan berkolaborasi bersama Kemenparekraf RI menggelar Festival Kreatif Lokal 2022 di Desa Wisata Undisan, Kabupaten Bangli, Jumat (12/8/2022).

“Festival Kreatif Lokal 2022 merupakan program Corporate Social Responsibility (CSR) Adira Finance untuk Indonesia di bawah pilar Sahabat Lokal yang fokus terhadap pengembangan pariwisata, budaya, kearifan lokal, dan pemberdayaan UMKM di Indonesia,” jelas Direktur Utama Adira Finance, Dewa Made Susila. 

Tahun ini, kata Dewa Made Susila,  merupakan tahun ke-3 Festival Kreatif Lokal diadakan dan ditandai penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) yang mengatur tentang Kolaborasi Pengembangan Destinasi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yang akan terlaksana hingga lima tahun ke depan.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, mengapresiasi komitmen dan konsistensi Adira Finance yang terus mendukung pengembangan pariwisata dan ekonomi kreatif.  

“Saya menyambut baik kolaborasi antara Kemenparekraf RI dan Adira Finance dengan mengadakan kegiatan Festival Kreatif Lokal secara konsisten dan berkelanjutan. Dengan adanya sinergi yang kuat antar kedua belah pihak, besar harapan bahwa ekosistem destinasi pariwisata dan ekonomi kreatif dapat pulih dari dampak pandemi dan terus maju,” kata Sandiaga Uno yang datang langsung di Desa Wisata Undisan.

Dewa Made Susila menambahkan bahwa Festival Kreatif Lokal merupakan konsep yang berangkat dari keinginan besar kami untuk membantu ekonomi Indonesia dari sektor pariwisata dan ekonomi kreatif, khususnya segmen UMKM. 

“Hal ini sejalan dengan visi menciptakan nilai bersama untuk meningkatkan kesejahteraan, serta menguatkan keberadaan Adira Finance sebagai perusahaan yang menyediakan solusi keuangan sesuai kebutuhan bagi seluruh masyarakat Indonesia,” kata Dirut asal Kemenuh, Gianyar ini. 

Menjadi bagian dari rangkaian kegiatan HUT ke-32 Adira Finance yang jatuh pada 13 November mendatang, Festival Kreatif Lokal 2022 mendukung keberlanjutan pengembangan desa wisata yang merupakan bagian dari 50 Desa Wisata Terbaik Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021 menjadi Desa Wisata Ramah Berkendara. 

Bukan hanya di Desa Undisan, Festival Kreatif Lokal 2022  juga diselenggarakan di empat  desa wisata lainnya yang sudah memiliki komponen-komponen pendukung seperti infrastruktur berkendara, dan sumber daya manusia serta ekosistem pariwisata dan ekonomi kreatif.

Empat desa wisata dimaksud antara lain Desa Saung Ciburial, Kabupaten Garut, Jawa Barat; Desa Karanganyar, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah;  Desa Rejowinangun, Kota Yogyakarta, DI Yogyakarta;  dan Desa Sanankerto, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Dewa Made Susila, menjelaskan, rangkaian kegiatan Festival Kreatif Lokal 2022 terdiri dari beberapa kegiatan. Pertama adalah Desa Wisata Kreatif, yaitu program pengembangan bagi UKM setempat untuk dapat menciptakan paket wisata Desa Wisata Ramah Berkendara yang dapat dijual dan memiliki selling value. 

Kegiatan mencakup pendampingan dan penguatan kapasitas pengelola destinasi pariwisata di bidang pariwisata dan ekonomi kreatif di masing-masing dari kelima Desa Wisata.

Kemudian Jelajah Desa Wisata Ramah Berkendara yang merupakan kegiatan berkendara puluhan komunitas otomotif dalam rangka membantu mempromosikan potensi pariwisata dan ekonomi kreatif Desa Wisata dalam bentuk konten multimedia dan kegiatan promosi yang bersifat digital.

"Terakhir adalah Festival Pasar Rakyat, sebuah kampanye gerakan sosial untuk menarik simpati masyarakat untuk menjadikan pasar rakyat di daerah Desa Wisata menjadi ruang publik kreatif. Selain itu ada juga workshop yang membantu pedagang pasar dan UMKM tentang literasi keuangan," kata Dewa Made Susila.

Penyelenggaraan Festival Kreatif Lokal 2022 ini turut didukung Zurich Asuransi Indonesia, MUFG, Adira Finance Syariah, dan Bank Danamon.

 “Kami senang dapat kembali berkolaborasi dan mendukung program ini untuk mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia di bidang pariwisata dan ekonomi kreatif. Melalui produk kami menjamin pelanggan saat bepergian serta yang menjalankan UKM, saya yakin kami berada di posisi yang tepat untuk mendukung konsumen Indonesia dan melindungi perjalanan mereka, keluarga mereka, dan karyawan mereka,” kata Direktur Utama PT Zurich Asuransi Indonesia Tbk, Edhi Tjahja Negara.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut Bupati Bangli, Sang Nyoman Sedana Arta; Staf Khusus Bidang Pengamanan Destinasi Wisata dan Isu-Isu Strategis, Ario Prawiseso; Direktur Tata Kelola Destinasi Kemenparekraf/Baparekraf, Indra Ni Tua; Kepala Biro Komunikasi Kemenparekraf/Baparekraf, I Gusti Ayu Dewi Hendriyani; serta Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bali, Tjokorda Bagus Pemayun.

Komentar