nusabali

PSSI Hukum 12 Wasit Liga 1

  • www.nusabali.com-pssi-hukum-12-wasit-liga-1

JAKARTA, NusaBali
PSSI menghukum dan mengistirahatkan 12 wasit dari Liga 1 2022 akibat keputusan kontroversial.

Rinciannya lima wasit, tiga asisten wasit, dan empat Additional Assistant Referee (AAR). Mereka diistirahatkan sebagai bentuk hukuman atas keputusan mereka yang merugikan tim tertentu. Selain itu, PSSI juga mau memberi kesempatan para wasit untuk mengevaluasi diri sebelum ditugaskan kembali.

"PSSI terus berkomitmen untuk membenahi wasit, baik itu wasit di Liga 1, 2, dan 3. Kami juga terus melakukan evaluasi dan pengawasan selama mereka memimpin," kata Ketua Komite Wasit Ahmad Riyadh, dalam pernyataan resmi PSSI, Jumat (12/8).

Riyadh berharap ke depan semua wasit yang bertugas bisa menjalankan tugas dengan baik sekaligus meminimalisasi kesalahan di lapangan. Hanya saja tak disebutkan wasit mana saja yang dihukum atau keputusan kontroversi apa yang membuat hukuman dijatuhkan.

Adapun Liga 1 memang langsung diwarnai keputusan-keputusan kontroversial dari wasit sejak pekan pertama. Tim-tim yang dirugikan, antara lain adalah Rans Nusantara FC dan Persija Jakarta dengan hadiah penalti.

Liga 1 dibuka dengan laga PSIS Semarang vs Rans di Stadion Jatidiri, Semarang, Sabtu (23/7). Wasit memberikan penalti kontroversial buat tuan rumah PSIS.

Lalu  Persija punya nasib sebaliknya di hari yang sama. Dalam laga melawan tuan rumah Bali United, di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Persija tak mendapat hadiah penalti.*

Komentar