nusabali

Pemkab Jembrana Gelar Peringatan HLUN

  • www.nusabali.com-pemkab-jembrana-gelar-peringatan-hlun

NEGARA, NusaBali
Dalam rangkaian perayaan HUT ke-127 Kota Negara, Pemkab Jembrana menggelar peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) ke-26 di Gedung Kesenian Dr Ir Soekarno, Jembrana, Jumat (12/8) pagi.

Dengan menghadirkan sekitar 300 lansia yang tergabung dalam Yayasan Wreda Sejahtera Jembrana, perayaan HLUN di Jembrana tahun ini ditandai penyerahan suvenir serta  pemotongan tumpeng.

Hadir dalam  peringatan HLUN ini, Bupati Jembrana I Nengah Tamba, Wabup Jembrana I Gede Ngurah Patriana Krisna (Ipat) bersama istri masing-masing. Begitu juga hadir jajaran Forkopimda Jembrana, Sekda, para Asisten Setda, para Kepala OPD, dan Camat se-Jembrana.

Kepala Dinas Sosial Jembrana I Gusti Bagus Ketut Oka Parwata mengatakan, peringatan HLUN secara nasional yang ke-26 tahun ini, sebelumnya telah dilaksanakan di Tasikmalaya, Jawa Barat, pada 29 Mei 2022. Untuk di Bali juga dilaksanakan peringatan HLUN yang dipusatkan di Wantilan DPRD Provinsi Bali, dan dimeriahkan para lansia dari Jembrana.

Sementara di Jembrana, sambung Oka Parwata, peringatan HLUN sengaja dilaksanakan di bulan Agustus. Hal ini pun untuk menyemarakkan serangkaian HUT ke-127 Kota Negara, HUT ke-64 Provinsi Bali, dan HUT ke-77 Kemerdekaan RI.  Adapun tema HLUN secara Nasional tahun ini, 'Bersama Lansia Sehat Indonesia Kuat'. Dan sub tema kita Jembrana, yaitu 'Bersama Lansia Sehat Menuju Jembrana Bahagia," ujarnya.

Sementara Bupati Tamba mengatakan, bahwa menjadi tua adalah satu kepastian. Tetapi menjadi berdaya guna di usia senja adalah sebuah pilihan yang terbaik. Menurutnya, untuk mendorong lansia yang berdaya guna itu, Pemkab Jembrana telah memasukkan isu lansia sebagai salah satu dari program prioritas Jembrana.

Di hadapan para lansia, Bupati Tamba menyampaikan, Pemkab Jembrana mulai tahun ini, telah memberikan bantuan Boga Tresna Werdha berupa bantuan makanan jadi setiap hari bagi lansia kurang mampu dan atau terlantar.

Harapannya melalui program itu, para lansia dapat lebih sehat dan bahagia serta memiliki kesempatan yang sama dalam meningkatkan kualitas hidupnya. Menurut Bupati Tamba, saat ini ada 300 lebih yang sudah diberikan bantuan  tersebut.

"Mohon doa-nya agar bisa terus berlanjut dan bertambah jumlahnya. Pemkab Jembrana juga telah menjalankan pelayanan home care, yaitu pelayanan kesehatan kunjungan ke rumah-rumah melalui program JKJ Plus, dengan tujuan mendekatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Ada layanan home care, emergency medical service, dan aplikasi Medcare untuk konsultasi kesehatan secara online. Mohon dimanfaatkan sebaik-baiknya. Kalau panglingsir tiang (Para lansia saya/Jembrana) belum mengerti, silahkan tanyakan ke Lurah, Perbekelnya," ujar bupati asal Desa Kaliakah, Kecamatan Negara ini. *ode

Komentar