nusabali

Fakultas Kelautan dan Perikanan Unud Buka Pasar Ikan Digital

tokoikan.id Bantu Pemasaran UMKM Pelaku Perikanan

  • www.nusabali.com-fakultas-kelautan-dan-perikanan-unud-buka-pasar-ikan-digital

DENPASAR, NusaBali.com - Program Studi Manajemen Sumberdaya Perairan (MSP), Fakultas Kelautan dan Perikanan, Universitas Udayana melaksanakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat, 10-11 Agustus 2022, di Kabupaten Badung.

Pengabdian kepada Masyarakat ini bekerja sama dengan Dinas Perikanan Kabupaten Badung mengangkat tema ‘Peningkatan Kapasitas UMKM Perikanan dan Kelautan.’ 

Selama dua hari, digelar pelatihan digital marketing menggunakan aplikasi www.tokoikan.id

Hari pertama, kegiatan dilaksanakan di ruang pertemuan Dinas Perikanan Kabupaten Badung dengan fokus pesertanya adalah pelaku perikanan di wilayah Badung Utara yang lebih banyak bergerak di sektor budidaya dan pengolahan. 

Foto: Kepala Dinas Perikanan Kab. Badung I Nyoman Suardana, S.Sos., MM

Sedangkan hari kedua dilaksanakan di Kantor Camat Kuta Selatan dimana peserta yang hadir adalah pelaku perikanan di wilayah Badung Selatan yang sebagian besar bergerak di sektor perikanan tangkap.

Kegiatan pengabdian ini turut dihadiri oleh Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Badung beserta beberapa staf dan penyuluh perikanan di wilayah Kabupaten Badung. Perwakilan dosen  dari MSP Udayana yang hadir yaitu Gde Raka Angga Kartika SPi MSi yang sekaligus sebagai CEO PT Toko Ikan Indonesia yang mengenalkan aplikasi pasar digital (e-marketplace) tokoikan.id kepada para pelaku UMKM perikanan dan kelautan.

Foto: Gde Raka Angga Kartika SPi MSi, CEO PT Toko Ikan Indonesia

Ayu Putu Wiweka Krisna Dewi SST Pi MP dan Ni Made Ernawati SKel MSi sebagai anggota dalam pengabdian juga hadir dalam kegiatan ini. Sementara dari Tim Tokoikan.id diwakili oleh I Gusti Agung Dwikhy Oka Taradhipa dan Ni Luh Ayu Gita Astriani membantu memberikan penjelasan tentang langkah-langkah penggunaan aplikasi Tokoikan.id kepada UMKM perikanan dan kelautan baik sebagai penjual maupun pembeli.

Hadir pula dua narasumber lain yaitu Gede Hendri Mahardika Wicaksana dan Anak Agung Putra Ariska Wijaya yang menyampaikan materi tentang Digital Marketing dan Penggunaan Media Sosial.

“Kami mendukung adanya aplikasi pasar digital www.tokoikan.id  dan berharap para pelaku perikanan di wilayah Kabupaten Badung dapat memanfaatkan adanya toko aplikasi tersebut untuk mendapatkan peluang pasar yang lebih luas,” kata Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Badung, I Nyoman Suardana S Sos MM. 

Foto Bersama FKP Unud, Dinas Perikanan Badung, Tokoikan.Id Dan Peserta Pengabdian

Sementara itu Gde Raka Angga Kartika SPi MSi sebagai pencetus aplikasi www.tokoikan.id menyampaikan bahwa tujuan dari pembuatan aplikasi tersebut adalah untuk mewadahi para pelaku perikanan khususnya sektor UMKM yang ingin memasarkan produknya secara online/digital. 

Aplikasi tersebut dibuat spesifik hanya untuk memasarkan produk-produk yang berkaitan dengan perikanan dan kelautan. “Selain memasarkan, aplikasi ini juga dapat membantu memudahkan masyarakat dalam mencari produk perikanan dan kelautan yang diinginkan,” terang Angga Kartika. 

PT Toko Ikan yang didirikan pada tahun 2022 telah memiliki dokumen perizinan resmi, sehingga aplikasi ini aman digunakan dan dapat memberikan keamanan bagi penjual dan pembeli yang bertransaksi menggunakan aplikasi tokoikan.id

Komentar