nusabali

Pemkab dan Pemuda Badung Bangkit Gelar Pameran UMKM

  • www.nusabali.com-pemkab-dan-pemuda-badung-bangkit-gelar-pameran-umkm

MANGUPURA, NusaBali
Dinas Koperasi, UKM, dan Perdagangan Kabupaten Badung menggelar pameran UMKM di Discovery Shopping Mall Kuta.

Kegiatan bertajuk ‘UMKM Badung Expo 2022’ digelar dalam rangka memfasilitasi calon wirausaha dan UMKM yang tergabung dalam Program Pemuda Badung Bangkit.

Kegiatan yang dihelat Kamis (11/8) hingga Minggu (14/8), merupakan program yang diinisiasi oleh Pemerintah Kabupaten Badung bekerja sama dengan EZY Property untuk mendidik, membina dan mengembangkan calon wirausaha. Harapannya ke depan bisa menghasilkan wirausaha-wirausaha muda yang bisa membuka banyak lapangan pekerjaan dan meningkatkan PAD Badung.

Kadis Koperasi, UKM dan Perdagangan I Made Widiana, mengatakan kegiatan ‘UMKM Badung Expo 2022’ dilaksanakan atas kolaborasi dengan Pemuda Badung Bangkit. Program Pemuda Badung Bangkit terbagi atas dua program, yaitu Ruang Usaha Badung (RUB) diikuti oleh peserta Pemuda Badung Bangkit yang sudah memiliki usaha UMKM, sedangkan Badung Berani Berkembang (BBB) diikuti oleh peserta yang belum punya usaha. “Jadi para peserta RUB dan BBB diberi materi tentang pengelolaan bisnis dan didatangkan pembicara-pembicara pebisnis yang sudah sukses,” ujarnya.

Para peserta RUB dari awal pertemuan sudah dikelompokkan berdasarkan usaha masing-masing dan diminta untuk membuat produk yang possible untuk dijalankan dalam waktu dekat. “Jadi masing-masing kelompok diminta mempresentasikan produk yang mereka ciptakan bersama. Seiring berjalannya waktu, peserta mengalami proses seleksi dalam mengikuti program RUB,” jelas Widiana.

Untuk kepanitian ‘UMKM Badung Expo 2022’ juga terdiri dari peserta RUB dan BBB. “Produk yang diciptakan oleh masing-masing kelompok adalah produk baru yang bukan merupakan barang jualan peserta,” imbuhnya. *asa

Komentar