nusabali

Kodam Udayana Kuatkan Karakter Bangsa Melalui Komsos

  • www.nusabali.com-kodam-udayana-kuatkan-karakter-bangsa-melalui-komsos

DENPASAR, NusaBali
Kodam IX/Udayana melalui Staf Teritorial Kodam menyelenggarakan kegiatan pembinaan komunikasi sosial (Komsos) dalam rangka cegah tangkal radikalisme dan separatisme, Jumat (12/8).

Kegatan yang melibatkan berbagai komponen masyarakat serta prajurit dan PNS Kodam IX/Udayana itu digelar di Aula Udayana Makodam IX/Udayana.

Adapun komponen masyarakat yang hadir dalam acara tersebut di antaranya tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh pemuda, KBPP Polri, purna Paskibraka Provinsi Bali, Komite Nasional Pemuda Indonesia, dan Yayasan Kebaktian Proklamasi Bali serta undangan lainnya.

Acara yang bertemakan "Penguatan Karakter Komponen Bangsa Dalam Menangkal Radikalisme/Separatisme" tersebut, dipimpin oleh Waaster Kasdam IX/Udayana Letkol Arh Hari Purnomo itu digelar sebagai ajang silaturahmi dan memberikan andil positif dalam menciptakan situasi keamanan yang kondusif.

Dalam sambutannya, Letkol Purnomo, menyampaikan paham radikalisme dan separatisme tidak sesuai dan bertentangan dengan nilai-nilai Pancasila yang merupakan dasar Negara Indonesia. Pancasila sebagai pedoman negara memberikan solusi bagi setiap persoalan yang terjadi di Indonesia.

"Oleh karenanya, sangat dibutuhkan adanya peningkatan pengetahuan tentang nilai-nilai luhur dalam setiap butir Pancasila. Selain itu kerja sama antar komponen bangsa untuk melakukan pencegahan guna mengantisipasi berkembangnya paham radikalisme dan separatisme tersebut," ujar Waaster.

Dirinya yakin, melalui kegiatan Komsos seperti ini dapat menghasilkan pemikiran yang konstruktif dan langkah-langkah kongkrit dalam rangka menumbuh kembangkan rasa nasionalisme dan patriotisme kebangsaan demi menjaga stabilitas keamanan NKRI. *pol

Komentar