nusabali

Keyakinan Konsumen Masih Optimistis

  • www.nusabali.com-keyakinan-konsumen-masih-optimistis

DENPASAR,NusaBali
Keyakinan konsumen terhadap kondisi ekonomi pada bulan Juli lalu masih tinggi, walau termoderasi dari bulan Juni.

Survei Konsumen Bank Indonesia menunjukkan optimisme tersebut. Dari hasil survei  mengindikasikan keyakinan konsumen terhadap kondisi ekonomi di Provinsi Bali tetap tinggi.

Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) Provinsi Bali di Juli 2022 yang tercatat pada zona optimis yakni  137,8 diatas 100 (indeks > 100). Optimisme tersebut juga lebih tinggi dibandingkan kondisi nasional yang mencatat IKK Nasional sebesar 1 2 1 ,9.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali, Trisno Nugroho menyampaikan  masyarakat Bali masih optimis terhadap kondisi ekonomi yang terus menunjukkan pemulihan.

 “Hal ini didorong  periode high season kunjungan wisatawan di bulan Juli yang menstimulasi sektor pariwisata Bali,” jelas Trisno Nugroho, Kamis (11/8). Namun demikian, keyakinan konsumen masyarakat Bali di Juli 2022 sedikit termoderasi akibat tren kenaikan harga komoditas bahan pokok.

Untuk menjaga optimisme perbaikan ekonomi Bali ke depan diharapkan kunjungan wisatawan semakin meningkat dan inflasi bahan pokok terkendali. Sementara iłu, ekspektasi konsumen terhadap kondisi ekonomi ke depan, yang tercermin pada Indeks Ekspektasi Konsumen (IEK) di Provinsi Bali tetap terjaga pada level optimis dengan indeks sebesar 1 50,7, meskipun menurun dibandingkan Juni 2022 yang sebesar 1 57,3.

Disampaikan Trisno Nugroho, ekspektasi konsumen yang lebih rendah tersebut disebabkan oleh menurunnya perkiraan penghasilan, ketersediaan lapangan kerja dan kegiatan usaha enam bulan yang akan datang. *K17

Komentar