nusabali

Kontingen Poprov Gianyar Berkekuatan 663 Atlet

  • www.nusabali.com-kontingen-poprov-gianyar-berkekuatan-663-atlet

GIANYAR, NusaBali
Sebanyak 832 orang dirancang akan menjadi anggota kontingen Gianyar dalam Porprov Bali XV/2022 pada November nanti. Jumlah itu terdiri dari 663 atlet, dan 169 anggota ofisial.

"Ke-663 atlet telah menjalani TC Desentralisasi, jadi dalam beberapa bulan ke depan kita fokus memberikan sentuhan mental sebagai upaya memotivasi lebih kepada atlet," kata Ketua Kontingen Porprov Gianyar, I Wayan Rutawan, Kamis (11/8).

Menurut Rutawan, jumlah sebanyak itu diputuskan dalam rapat 41 cabor. Rapat juga mematok target minimal bertahan di posisi empat besar, dan diupayakan kembali naik ke posisi tiga besar, seperti saat menggelar Porprov Bali XIII/2017.

Rutawan menegaskan, saat ini pihaknya sedang fokus monitoring evaluasi (monev) cabang olahraga yang akan bertanding pada Porprov Bali nanti. Seperti yang dilakukan pada Minggu (7/8), yakni monev pada cabor taekwondo dan yongmoodo di area kompleks GOR Kebo Iwa.

Rutawan berharap monev dilakukan tiap minggu minimal dua kali dan  menyasar semua cabor.  Menurutnya, monev menyasar 1-3 cabor di sejumlah tempat berbeda. Juga Difokuskan pada cabang olahraga beladiri yang jadi tumpuan Gianyar untuk mendulang medali emas.

"Minggu ini monev difokuskan ke cabor beladiri, seperti muaythai, karate, kempo, wushu, tinju, tarung derajat, dan taekwondo yang diyakini mampu mendongkrak posisi Gianyar di Porprov nanti,”kata Rutawan, yang juga mantan atlet kempo Gianyar itu.

Nah, kata Ruawan, khusus cabor yang lokasi latihan berdekatan, monev bisa dilakukan jadi satu.  Sedangkan cabor yang latihan berjauhan, tim monev melakukan kunjungan terpisah langsung ke tempat latihan.

"Kita ingin memberikan sentuhan langsung kepada atlet, mental mereka harus kita terus asah. Sehingga lebih siap turun di ajang Porprov nanti," kata Rutawan, yang juga Ketua Harian KONI Gianyar itu.

Menurut Rutawan, mental atlet jadi fokus perhatian agar antara teknik, dan latihan jadi seimbang.  Mental juara juga terus dirangsang muncul dari atlet itu sendiri, sehingga atlet siap tempur di Porprov nanti. *dek

Komentar