nusabali

Pangdam Pimpin TGF Jelang KTT G-20

  • www.nusabali.com-pangdam-pimpin-tgf-jelang-ktt-g-20

DENPASAR, NusaBali
Persiapan pengaman Konferensi Tingkat Tinggi Group of Twenty (KTT G-20) oleh Kodam IX/Udayana terus dimatangkan. Setelah sebelumnya menggelar Table Top Exercise (TTE), Rabu (10/8) menggelar Tactical Floor Game (TFG).

Kegiatan yang digelar di Aula Makodam IX/Udayana, Denpasar itu dipimpin langsung oleh Pangdam IX/Udayana, Mayjen TNI Sonny Aprianto sebagai Dansatgas Pamwil dan Kasdam IX/Udayana Brigjen TNI Harfendi, Dansatgas Evakuasi.

TFG ini digelar bertujuan untuk menyusun taktik dan strategi yang akan diterapkan dalam pelaksanaan pengamanan G-20 yang akan digelar di Nusa Dua, Bali pada Oktober 2022 ini. TFG juga dapat digunakan sebagai wahana koordinasi dalam perencanaan operasi agar masing-masing Subsatgas mengetahui peran dan fungsinya untuk menyukseskan dan mendukung berjalannya kegiatan G-20.

Mengingat pentingnya pengamanan dalam konferensi nanti, kegiatan ini dihadiri oleh seluruh Komandan Sub Satgas dari masing-masing satuan serta dari Polda Bali, BPBD, BMKG, PVMBG, PLN, Basarnas, dan Para General Manager Hotel. Diharapkan kerja sama setiap komponen ini dapat berjalan dengan baik.

Dalam arahannya, Pangdam mengatakan bahwa kegiatan TFG ini sangatlah penting dilakukan guna memantapkan kesiapan para unsur yang terlibat dalam rangka mengamankan even KTT G20 yang akan dilaksanakan di Bali pada Bulan November mendatang.

"Ini merupakan tahapan dengan prosedur dan mekanisme yang harus dilakukan dalam menjalankan latihan secara bertingkat dan berlanjut dari tahapan sebelumnya," ungkap Pangdam.

Pangdam herharap pada kegiatan ini kita bisa menemukan hal-hal yang selama ini belum diprediksi, sehingga dapat mengantisipasinya dan lebih matang dalam menghadapi kegiatan TFG tingkat selanjutnya.

Pangdam menegaskan kegiatan TFG ini akan kembali diselenggarakan pada tingkat Kogabwilhan yang direncanakan pada akhir Agustus 2022 di Mabes TNI. Selanjutnya, September dan Oktober di Bali. Oleh karenanya, Pangdam mengharapkan pada TFG tingkat Satgas ini agar dapat dilaksanakan semaksimal mungkin.

"Jadi, setiap bulan kedepan, kita akan melaksanakan beberapa TFG. Untuk itu, Kodam IX/Udayana dan unsur terkait lainnya yang berada di wilayah tugas dan teritorial Kodam IX/Udayana ini harus lebih siap untuk melakukan pengamanan pada KTT G-20 kali ini," tegasnya.

Sementara itu, Kasdam IX/Udayana selaku Dansatgas Evakuasi menyampaikan mengingat pentingnya kegiatan TFG ini, maka diperlukan keseriusan dan semangat yang tinggi dari seluruh personel Satgas Pamwil maupun evakuasi, sehingga semuanya dapat berjalan dengan baik sesuai harapan.

"Kodam IX/Udayana bersama Satgas dari instansi lainnya terus berupaya menyukseskan acara tersebut dengan terus berkoordinasi dan berkaloborisasi bersama Polda Bali, Basarnas dan BPBD yang ada di Provinsi Bali dalam mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan," tandas Kasdam. *pol

Komentar