nusabali

Ada Upacara Melaspas, Ortu Krisna Putra Belum Pastikan Datang

  • www.nusabali.com-ada-upacara-melaspas-ortu-krisna-putra-belum-pastikan-datang

DENPASAR, NusaBali
Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan berjanji mendatangkan orangtua seluruh pemain Tim Nasional (Timnas) U-16 untuk menyaksikan penampilan anak-anak mereka dalam final Piala AFF U-16 Tahun 2022 di Jogjakarta, Jumat (12/8) malam ini, untuk menambah motivasi dan semangat agar menjadi juara.

"Saya sudah mengatakan hal itu kepada anak-anak waktu technical meeting. Kami mengundang orangtua mereka ke Jogjakarta dan menyiapkan akomodasi serta transportasi," kata Iriawan di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Jogjakarta, Rabu (10/8) malam. Bagaimana dengan  Orangtua pesepakbola Timnas Indonesia U-16 asal Bali, I Komang Ananta Krisna Putra?  

Menurut ayah Komang Ananta Krisna Putra, yakni I Wayan Sumawa, saat dihubungi, Kamis (11/8) untuk datang langsung ke Stadion Maguwoharjo, Sleman, Jogjakarta yang difasilitasi PSSI belum bisa dipastikan. Dari komunikasi dengan pihak admin Timnas U-16, Sumawa mengaku dalam waktu yang sama ada upacara melaspas rumah di kampungnya di Banjar Belah, Desa Luwus, Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan. "Mudah-mudahan acaranya cepat selesai, kalau seandainya ada pesawat sore ke Jogja, bisa saja berangkat, tapi sekali lagi kepastian selesai melaspas rumahnya yang belum. Sehingga nonton langsung ke stadion atau tidak, masih menunggu perkembangan lebih lanjut," tutur Sumawa.

Selain itu, informasi yang dia dapat anaknya Komang Ananta Krisna Putra baru pulih dari kondisi sakit, sehingga untuk final dipastikan tidak bisa main. Bahkan datang ke stadion belum bisa dipastikan, karena masih dalam tahap penyembuhan. "Makanya saat penyisihan terakhir ketemu Vietnam dia tidak dimasukkan ke daftar susunan pemain, karena kondisinya sedang sakit," tutur Sumawa. Selaku orangtua Sumawa pilih fokus mendoakan anaknya biar segera kembali pulih total. Saat latihan gabungan tim juga belum bisa karena masih sakit.

Kata dia, meski begitu rekan satu timnya diharapkan bisa mengangkat piala AFF U-16 Boys Championship 2022. Apalagi dalam waktu dekat akan ada kualifikasi Piala Asia U-16. "Meskipun saya seandainya tidak ke stadion secara langsung, nanti dari rumah menonton bersama kakaknya Kadek Agung Widnyana Putra yang juga langganan pemain timnas yang saat ini masih dalam proses terapi pemulihan," tutur Sumawa. Dia pun mengungkapkan awal mula anaknya Komang Ananta Krisna bermain sepakbola diawali rutin mengantar dan ikut menemani kakaknya latihan sepakbola.

Latihan rutin itu membuat anak ketiganya itu ikut masuk SSB Putra Persilu sejak tahun 2016. Kemudian atas saran kakaknya, Komang Ananta Krisna diarahkan gabung dengan SSB Putra Tresna sekitar tahun 2017. Kemudian tahun 2021 bergabung dengan Tim Bali United U-16 di Elite Pro Academy (EPA). Hingga akhirnya ikut seleksi selama 3 kali tahapan di Bali Nusra hingga akhirnya dipanggil masuk TC Timnas U-16.

"Khusus untuk Krisna Putra, saya tidak menyangka bisa masuk Timnas, itu murni karena rutin mengantar kakaknya latihan sepakbola, lambat laun akhirnya tertarik di sepakbola. Kebetulan tiap latihan, kakaknya Kadek Agung yang juga pemain Bali United selalu mengajak adiknya Krisna Putra, makanya saya sampai histeris saat dia sumbang satu gol untuk Timnas saat ketemu Singapura," terang Sumawa.

Disebutkan agar talenta dan bakat Krisna Putra terus berkembang sampai didorong sekolah di SMPN 7 Denpasar dengan jalan jadi anak kos di Denpasar untuk tetap bisa bergabung dengan Tim Elite Pro Academy U-16, dan sekarang telah naik ke Tim Bali United U-18. "Ke depan saya harap Krisna Putra tetap dibina dengan baik, dan berkelanjutan apalagi akan kembali menjalani TC Sentralisasi untuk proyeksi tampil di Piala Asia U-16," tegas Sumawa.

Sementara itu kakak kandung Komang Ananta Krisna Putra, yakni I Kadek Agung Widnyana Putra berharap adiknya yang juga sama-sama berposisi sebagai gelandang tengah bisa menampilkan permainan terbaik, dan bisa menjadi juara. Kata pemain nomor punggung 18 ini, juara itu akan jadi hadiah pada hari kemerdekaan ke 77 RI 17 Agustus 2022 nanti. "Timnas U-16 keluar sebagai juara adalah harapan kita semua, semoga terwujud," harap Kadek Agung. *dek, ant

Komentar