nusabali

Bima Sakti Janjikan Indonesia Tampil Menyerang

  • www.nusabali.com-bima-sakti-janjikan-indonesia-tampil-menyerang

JOGJAKARTA, NusaBali
Pelatih Tim Nasional U-16, Bima Sakti menjanjikan anak-anak asuhnya akan mengambil inisiatif serangan saat berhadapan kontra Vietnam pada laga final Piala AFF U-16 2022 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, DI Jogjakarta, Jumat (12/8) malam ini pukul 20.00 WIB atau 21.00 Wita. Pertandingan ini bisa disaksikan secara eksklusif di Indosiar dan Vidio.

"Vietnam merupakan tim dengan pemain yang militan dan pekerja keras, ngotot. Kami akan meredamnya dengan inisiatif (menyerang-red) dari awal," ujar Bima di Stadion Maguwoharjo, Kamis (11/8). Taktik menyerang kilat pada menit-menit awal menjadi senjata ampuh Indonesia di Piala AFF U-16 2022 untuk mendapatkan gol cepat dan memenangkan pertandingan.

Kala bersua Vietnam pada laga terakhir Grup A, Sabtu (6/8) lalu, Indonesia yang tertinggal satu gol sejak babak pertama sukses melesakkan gol dini usai jeda tepatnya menit ke-52 dan 55 sehingga skuad berjuluk Garuda Asia menang dengan skor 2-1. Selain itu, Bima Sakti juga akan memperbanyak kombinasi dan variasi serangan timnya demi mempersulit pertahanan Vietnam.

Pria berusia 46 tahun itu pun yakin para pemainnya dapat menerapkan strategi yang direncanakan di lapangan, terlebih semua personel timnas U-16 dalam kondisi bugar untuk laga tersebut. "Tak ada yang pemain cedera, semua sehat," kata Bima.

Bima Sakti mengatakan skuadnya ingin menjuarai Piala AFF U-16 2022 dengan menundukkan Vietnam di final dan menjadikannya hadiah untuk HUT ke 77 Kemerdekaan RI. "Saya meminta kepada para pemain untuk memberikan yang terbaik di final karena kesempatan tidak datang dua kali. Saya berharap mereka mengukir prestasi terbaik untuk karier dan itu akan menjadi hadiah kemerdekaan bangsa Indonesia," ujar Bima

Sementara Tim Nasional U-16 Vietnam akan mewaspadai serangan cepat Indonesia, terutama pada menit-menit awal laga, saat kedua kesebelasan bersua di final Piala AFF U-16 2022, Jumat malam ini. "Pemain kami harus lebih percaya dan berhati-hati," ujar pelatih timnas U-16 Vietnam Nguyen Quoc Tuan pada konferensi pers sebelum final, Kamis kemarin.

Nguyen Quoc tidak ingin timnya mengulangi kesalahan serupa ketika takluk 1-2 dari Indonesia pada pertandingan terakhir Grup A, Sabtu (6/8) pekan lalu. Ketika itu, Vietnam sudah unggul 1-0 pada babak pertama, tetapi Indonesia mampu membuat dua gol cepat pada awal babak kedua yang membuat Vietnam kalah. Menurut Nguyen, gol Indonesia itu terjadi lantaran skuadnya kurang konsentrasi. Namun, di partai puncak, Vietnam berjanji akan menampilkan kualitas permainan yang berbeda dan ia menegaskan timnya sudah siap mengarungi laga dengan intensitas yang tinggi. "Final ini akan berjalan dengan intens. Jadi saya yakin pertandingannya bagus dan menarik. Kami sudah menyiapkan semuanya untuk pertandingan besok," kata Nguyen.

Sebelumnya Timnas U16 Indonesia berhasil lolos ke Final usai mengalahkan Myanmar lewat adu penalti di laga semifinal Piala AFF U-16 2022 dengan skor 6-5, di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Jogjakarta, Rabu (10/8) pukul 20.00 WIB atau 21.00 Wita. Sedangkan Timnas Vietnam memastikan lolos ke final Piala AFF U-16 2022 usai menang 2-0 atas Thailand yang juga berlangsung di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Jogjakarta, Rabu sore pukul 15.30 WIB atau pukul 16.30 Wita.

Bagi Indonesia dan Vietnam, pertemuan di final Piala AFF U-16 2022 menjadi pertemuan pertama kedua negara di partai puncak turnamen tersebut sepanjang sejarah. Vietnam, bersama Thailand, tercatat sebagai tim tersukses di Piala AFF U-16 dengan tiga gelar juara. Adapun Indonesia baru sekali keluar sebagai kampiun yaitu pada edisi 2018, saat kompetisi itu dilaksanakan di Jawa Timur. *ant

Komentar