nusabali

Kapolri Takziah ke Rumah Duka Habib Zen bin Umar, Bukti Kedekatan dengan NU

  • www.nusabali.com-kapolri-takziah-ke-rumah-duka-habib-zen-bin-umar-bukti-kedekatan-dengan-nu

JAKARTA, NusaBali.com – Takziah Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo ke rumah duka Habib Zen bin Umar jadi bukti kedekatan Kapolri beragama Nasrani itu dengan para ulama Nahdlatul Ulama (NU).

Di rumah duka yang terletak di kawasan Pejaten Barat, Jakarta Selatan tersebut, Sigit terlihat menggunakan peci berwarna hitam dengan seragam pakaian dinas harian (PDH) duduk di antara kerabat dan sahabat Rahimahullah Habib Zen bin Umar pada Kamis (11/8/2022).

Kesempatan itu dimanfaatkan Sigit untuk memberikan penghormatan dan doa kepada sosok yang sudah dianggapnya sebagai ‘ayah’ tersebut, sebab, semasa hidup, Habib Zen senantiasa memberikan saran dan nasihat yang bermanfaat bagi polisi bintang empat itu di saat menghadapi situasi tertentu.

“Beliau sudah saya anggap seperti ayah saya sendiri,” ungkap Sigit ketika mengenang sosok Ketua Dewan Syuro Rabithah Alawiyah sekaligus Mustasyar Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) yang telah berpulang ke Rahmatullah pada Rabu (10/8/2022) itu.

Namun, bukan kali ini saja Jenderal Sigit menunjukkan penghormatannya kepada organisasi Islam terbesar di Indonesia itu. Pada awal-awal menjabat, Kapolri non-Muslim kedua dalam sejarah Indonesia itu sempat sowan dengan PBNU pada Kamis (28/1/2021).

KH Said Aqil Siradj, Ketua Umum PBNU saat itu, bahkan menjadi tokoh nasional pertama yang disambangi oleh Sigit. Pada kesempatan itu, Said Aqil memuji mantan Kepala Badan Reserse Kriminal Polri itu sebagai sosok yang profesional dan juga dekat dengan para ulama ketika ia masih menjabat Kapolda Banten.

“Bahkan bisa dikatakan (Sigit) warga NU cabang Nasrani lah,” canda Said Aqil di hadapan Sigit saat bertemu di Kantor PBNU di Jalan Kramat Raya, Jakarta Pusat. *rat

Komentar