nusabali

Minimalisir Lonjakan DBD Pemkot Gencarkan PSN 4M Plus

  • www.nusabali.com-minimalisir-lonjakan-dbd-pemkot-gencarkan-psn-4m-plus

DENPASAR, NusaBali
Juru Pemantau Jentik (Jumantik) UPTD Puskesmas III Dinas Kesehatan Kecamatan Denpasar Selatan menggelar gerakan serentak (Gertak) Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) 4M plus yang dilaksanakan di Desa Pemogan, Denpasar Selatan, Rabu (10/8).

Kegiatan itu digelar untuk mengantisipasi lonjakan kasus DBD dan populasi nyamuk Aedes Aegypti di musim pancaroba ini.

Kepala UPTD Puskesmas III Dinas Kesehatan Kecamatan Denpasar Selatan drg Putu Judy Satyawati Sudarmo, mengatakan kegiatan PSN ini merupakan salah satu program yang wajib dilaksanakan secara rutin. Kegiatan ini juga untuk membangkitkan niat masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan.

Selain itu, kegiatan ini juga guna mencegah naiknya kasus DBD, serta memberikan penyuluhan kepada masing-masing warga sehingga warga lebih paham dan mengerti cara melakukan PSN mandiri di rumahnya masing masing. “Ini kami gelar serentak,” kata drg Judy Satyawati.

Selain menggencarkan PSN 4M plus, sehubungan bertepatan dengan bulan pemberian vitamin A, pihaknya melaksanakan pemberian vitamin A kepada anak-anak usia 6-11 bulan dan 11-59 bulan. Pemberian vitamin dilakukan di posyandu wilayah dan sekolah TK.

Sedangkan untuk obat cacing diberikan pada usia 1-2 tahun, dan untuk usia 2 tahun ke atas diberikan dengan dosis yang berbeda. Dengan begitu, anak-anak juga terlindungi dari cacingan, yang sering menyerang anak usia dini.

“Kami berharap dengan dilaksanakannya kegiatan ini dapat meminimalisir kasus DBD serta populasi nyamuk Aedes Aegypti di Desa Pemogan dan di Kota Denpasar,” kata Judy Setyawati. *mis

Komentar