nusabali

Kesbangpol Bali Bagikan 7.000 Bendera Merah Putih kepada Pengguna Jalan

  • www.nusabali.com-kesbangpol-bali-bagikan-7000-bendera-merah-putih-kepada-pengguna-jalan

DENPASAR, NusaBali
Pemerintah Provinsi Bali melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) turut serta dalam Gerakan Pembagian 10 Juta Bendera Merah Putih.

Selain menyemarakkan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia, kegiatan ini sekaligus memperingati Hari Jadi ke-64 Provinsi Bali.

Sempat diwarnai hujan gerimis, puluhan staf Badan Kesbangpol Provinsi Bali dipimpin langsung oleh Kepala Badan Kesbangpol Bali Dewa Putu Mantera membagikan bendera merah putih di persimpangan Jalan Hang Tuah – Jalan Bypass Ngurah Rai, Sanur, Denpasar Selatan, Rabu (10/8) pagi.

Gerakan pembagian bendera merah putih sebanyak 7.000 bendera, diserahkan kepada masyarakat umum yang sedang berkendara dan sedang menunggu pergantian lampu lalu lintas. Kegiatan ini juga merupakan lanjutan Gebyar Merah Putih yang dilaksanakan di Monumen Perjuangan Rakyat Bali, Niti Mandala, Selasa (9/8).

Pembagian bendera merah putih merupakan tindak lanjut Instruksi Presiden melalui Surat Menteri Dalam Negeri RI Nomor 003.1/4397/SJ. Gerakan pengibaran 10 juta bendera merah putih bertujuan untuk mensosialisasikan kepada pelajar, mahasiswa, organisasi masyarakat, partai politik, dan masyarakat umum untuk menumbuhkan rasa nasionalisme, patriotisme, dan rasa cinta terhadap Tanah Air.

Dewa Putu Mantera mengatakan pembagian bendera merah putih ini melanjutkan Gebyar Merah Putih yang sudah dibuka secara resmi oleh Wakil Gubernur Bali pada Rabu (10/8) pagi di halaman Kantor Gubernur Bali.

“Pemberian bendera merah putih secara gratis kepada masyarakat umum ini bertujuan untuk mengajak seluruh masyarakat turut memeriahkan gerakan 10 juta bendera merah putih dengan memasang bendera merah putih,” ujar Dewa Putu Mantera.

Dia menambahkan, pemasangan bendera merah putih tidak hanya secara simbolik saja namun perlu juga adanya internalisasi.

“Pemasangan bendera merah putih juga harus disikapi dengan rasa menjunjung tinggi makna kemerdekaan, terlebih momentum kemerdekaan RI harus menjadi langkah awal untuk melakukan introspeksi diri untuk terus berubah ke arah yang lebih baik, sehingga mampu tumbuh menjadi karakter dan berkepribadian yang unggul,” ucapnya. *cr78

Komentar