nusabali

Indonesia Tantang Vietnam di Final Piala AFF U-16

Tekuk Myanmar Lewat Adu Penalti di Semifinal

  • www.nusabali.com-indonesia-tantang-vietnam-di-final-piala-aff-u-16

JOGJAKARTA, NusaBali
Timnas Indonesia U-16 maju ke final Piala AFF U-16 2022 melawan Vietnam. Kepastian maju ke babak final ini setelah Garuda Asia mengalahkan Myanmar 5-4 lewat adu penalti, usai main imbang 1-1 selama 90 menit.

Bertanding di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Jogjakarta, Rabu (10/8) malam, Timnas Indonesia dibuat frustrasi Myanmar sejak kick off. Di babak pertama, gawang Indonesia bahkan bisa dibobol Nay Min Htet, jelang turun minum.

Pada waktu normal, gol Indonesia dibuat oleh Muhammad Riski Afrisal, sementara Myanmar mendapatkan skor dari Nay Min Htet. Saat adu penalti, seluruh penendang Indonesia yakni Muhammad Iqbal Gwijangge, Figo Dennis, Arkhan Kaka, Muhammad Riski Afrisal dan Muhammad Nabil Asyura berhasil menuntaskan tugas dengan baik.

Di kubu Myanmar, cuma empat algojo yang sukses menempatkan bola dalam gawang yaitu Kaung Khant Zaw, Brang Don Le, Khon Cho Htoo, Myat Phone Khant. Sepakan satu pemain lagi, Shine Wanna Aung ditepis kiper Indonesia Andrika Rachman. Prestasi lolos ke partai puncak itu menjadi ulangan dari Piala AFF U-16 2018, di mana ketika itu Indonesia berhasil menjadi juara. Pada laga versus Myanmar, pelatih Indonesia Bima Sakti menerapkan formasi 4-3-3 dengan trio Muhammad Nabil Asyura, Arkhan Kaka dan Muhammad Riski Afrisal ada di lini depan.

Dengan skema seperti itu, Indonesia menguasai laga sejak awal. Skuad berjuluk Garuda Asia ini nyaris menghabiskan waktu di wilayah pertahanan lawan. Myanmar sendiri tampil dengan taktik bertahan penuh dan berharap pada serangan balik untuk menyerang. Akan tetapi, Myanmar justru yang membuka skor lewat gelandang Nay Min Htet pada menit ke-44. Nay Min memanfaatkan kesalahan di benteng Indonesia.

Tertinggal satu gol, Indonesia berupaya membalas pada usai jeda. Berkali-kali mencoba, Indonesia akhirnya mampu menyamakan kedudukan pada menit ke-70, ketika bola tendangan Muhammad Riski Afrisal masuk mulus ke gawang Myanmar. Indonesia bisa saja unggul pada menit ke-88, tetapi sepakan salto Muhammad Nabil Asyura hanya menerpa mistar gawang. Kedudukan 1-1 pun bertahan sampai pertandingan tuntas. Laga pun berlanjut ke adu tendangan penalti, di mana Indonesia menang dengan skor 5-4. Di final, Indonesia akan melawan Vietnam pada Jumat (12/8) besok di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Jogjakarta, mulai pukul 20.00 WIB atau 21.00 Wita.

Sebelum pertandingan itu, pada hari dan tempat yang sama, ada pertandingan perebutan tempat ketiga yang mempertemukan Thailand dan Myanmar mulai pukul 15.30 WIB atau pukul 16.30 Wita.

Sementara Vietnam memastikan diri lolos ke final Piala AFF U-16 2022. The Golden Star Warriors menekuk Thailand 2-0 untuk merebut tiket babak puncak.

Vietnam menghadapi Thailand di semifinal Piala AFF U-16. Laga digelar di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Jogjakarta, Rabu kemarin. Bertanding di laga itu, Vietnam bisa menang atas Thailand. Nguyen Cong Phuong dkk menang 2-0.

Vietnam bisa mengungguli Thailand sejak babak pertama. Kapten Nguyen Cong Phuong sempat memberi gol pada menit ke-29, dan skor 1-0 bertahan hingga jeda. Di babak kedua, Thailand kesulitan membalas. Malah gawangnya yang kembali bobol, kali ini oleh Nguyen Trong Tuan pada menit ke-82. Skor 2-0 untuk kemenangan Vietnam bertahan hingga laga bubar.

Kemenangan membuat Vietnam melaju ke final Piala AFF U-16 2022. Ini menjadi final keempat Vietnam di ajang tersebut, setelah bisa melakukannya pada tahun 2006, 2010, 2016, dan 2017.

Dari empat kesempatan ke final, Vietnam bisa juara tiga kali pada 2006, 2010, dan 2017. Sementara Vietnam menjadi tim terbanyak mengoleksi gelar, sama dengan Thailand. Dengan melaju ke final, kans Vietnam mengukir rekor kian besar. Sedangkan Timnas Indonesia sabet satu-satunya gelar juara Piala AFF U16 pada 2018, ketika skuad asuhan Fakri Husaini pecundangi Thailand 4-3 lewat adu penalti di babak final. Adu penalti dilakukan setelah skor 1-1 di waktu normal. Saat itu, striker Amiruddin Bagus Kahfi tampil sebagai top scorer dengan 13 gol. Pada Piala AFF U-16 tahun 2019, Indonesia dikalahkan Thailand 0-2 di semifinal. Tim asuhan Bima Sakti akhirnya peringkat III dengan kalahkan Vietnam 3-2 lewat adu penalti dalam play off, setelah skor 0-0. Mesin gol saat itu adalah Marcelino Ferdinan dengan 5 gol. *ant

SUSUNAN PEMAIN
Timnas Indonesia U-16: Andrika Fathur, Rizdjar Nurviat, Sulthan Zaky, Habil Abdillah [Ridho Al Ikhsan 46'], M Iqbal Gwijangge (C), Muhammad Kafiatur, Narendra Tegar [Figo Dennis 46'], Muhammad Sultan Akbar [Achmad Zidan 63'], M Riski Afrisal, Muhammad Nabil Asyura, Arkhan Kaka Putra Purwanto

Timnas Myanmar U-16: Sai Thi Ha Nang, Thura Zaw, Myat Phone Khant, Htoo Wai Yan, Li Htet Oo (C), Aung Zaw Myo, Khon Cho Hoo, Nay Min Htet [Saw Myo Zaw 57'], Han Tun Zaw, Shine Wanna Aung, Kaung Htet

Komentar