nusabali

Kodim Karangasem Pasang Pipa Sepanjang 1.100 M

  • www.nusabali.com-kodim-karangasem-pasang-pipa-sepanjang-1100-m

AMLAPURA, NusaBali 

Anggota Kodim 1623/Karangasem dan Koramil Karangasem memasang 1.100 meter pipa 4 dim dari bak penampungan primer menuju bak penampungan di Museum Pustaka Lontar, Desa Adat Dukuh Penaban, Kecamatan Karangasem.

Pipa ini untuk menyalurkan air irigasi yang akan dialirkan dengan pompa hidram bantuan Kodam IX/Udayana. Targetnya, pipa hidram bisa dioperasikan pada Oktober 2022.

Danramil Karangasem Kapten CPl I Gusti Made Darsana selaku koordinator lapangan mengatakan, Kodam IX/Udayana membantu pompa hidram untuk irigasi krama Desa Adat Dukuh Penaban. Tahap awal Kodim 1623/Karangasem dan Koramil Karangasem memasang pipa sepanjang 1.100 meter. Mendukung pompa hidram juga memasang 3 pipa 8 dim panjang 24 meter dari bendungan ke bak primer. “Pemasangan pipa melibatkan 8 tenaga tukang,” ungkap Kapten Gusti Darsana didampingi Pasi Logdim Karangasem Kapten Inf I Wayan Suatman dan Pasiter Kodim Karangasem Kapten Inf Arif Budi Santoso, Selasa (9/8).

Kapten Gusti Darsana menambahkan, pengerjaan bank transit air ukuran 6 m x 2,5 m x 1,5 m sementara tuntas 57 persen. Pengerjaan bak penampungan dengan ukuran 10 m x 10 m x 2 m tuntas 29 persen, dan pembuatan rumah pompa tuntas 21 persen. “Anggota di lapangan masih pasang pipa galpanis, pipa transit, dan pekerjaan lainnya,” jelas Kapten Gusti Darsana. Sebanyak 24 anggota dilibatkan di lapangan dibantu 30 warga. “Target kami dengan pompa hidram bisa mengairi 45 hektare lahan milik 187 petani,” harap Kapten Gusti Darsana.

Pemasangan pipa sejak Juni, target tuntas hingga bisa dioperasikan pada Oktober 2022. Air bendungan yang akan diangkat untuk irigasi dengan debit 176 liter per detik. Bendesa Adat Dukuh Penaban, Jro Nengah Suarya mengapresiasi kerja keras TNI membantu krama subak menuntaskan pemasangan pipa dan pompa hidram. Menurut Jro Nengah Suarya, sumber air cukup berlimpah di Desa Adat Dukuh Penaban hanya saja lokasinya di kedalaman. Sehingga perlu pompa hidram untuk mengangkat air untuk irigasi. Harapannya bisa membuka lahan sawah baru setelah tersedia cukup air. *k16

Komentar