nusabali

Indonesia Hadapi Myanmar

Vietnam Gembira ke Semifinal Piala AFF U-16

  • www.nusabali.com-indonesia-hadapi-myanmar

SLEMAN, NusaBali
Indonesia dipastikan menghadapi Myanmar pada semifinal Piala AFF U-16 2022, di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta, Rabu (10/8) besok. Myanmar jadi juara Grup C setelah mengalahkan Kamboja 1-0 pada laga terakhir di Stadion Sultan Agung, Bantul, Senin (8/8).

Gol tunggal Lin Htet Ho pada menit ke-48 membuat Myanmar meraih tujuh poin di Grup C. Sedangkan Malaysia di peringkat kedua dengan lima poin, setelah imbang 2-2 lawan Australia, di Stadion Maguwoharjo, Sleman, juga Senin.

Malaysia nyaris menundukkan Australia, ketika unggul 2-1 hingga seperempat jam babak kedua. Dua gol Malaysia diborong Muhammad Anjasmirza menit 36 dan 49. Sedangkan gol Australia dicetak Ayman Gulasi pada menit 17 dan Max Hately pada menit 64.

Kegagalan Malaysia ini menjadi tamparan karena mereka juara bertahan Piala AFF U-16 dan sudah dua kali menjuarai kompetisi itu pada 2013 dan 2019.

Skuad remaja Harimau Malaya selalu lolos dari babak grup turnamen ini sejak 2017. Sedangkan semifinal jadi pencapaian terbaik Myanmar dari Piala AFF U-16 sejak 2019.  Saat Myanmar tersingkir dari babak, namun mereka pernah dua kali juaara Piala AFF U-16,  yakni 2002 dan 2005.

Sementara itu, para pemain Vietnam menyambut gembira kelolosan mereka ke semifinal Piala AFF U-16 2022, melalui jalur peringkat kedua terbaik.

"Ketika mendengar mereka masuk semifinal, para pemain diliputi kebahagiaan. Mereka merayakannya di hotel. Namun, sekarang waktunya fokus ke laga semifinal itu melawan Thailand," tulis Federasi Sepak Bola Vietnam (VFF) di Sleman, Senin.

Sebelumnya Vietnam sempat menunggu kepastian ke semifinal, dengan harus menantikan hasil laga terakhir Grup C pada Senin (8/8). Vietnam yang mempunyai enam poin dari dua laga  Grup A (selisih gol +8), mengunci tempat empat besar andai hanya salah satu dari tiga tim Grup C, yakni Malaysia, Myanmar dan Kamboja menang pada laga pamungkas. Vietnam akan menghadapi juara Grup B Thailand dalam semifinal Rabu (8/8) di Stadion Maguwoharjo, Sleman, pukul 16.30 WITA. *ant

Komentar