nusabali

Lomba Gerak Jalan Indah Semarakkan HUT Ke-77 RI

  • www.nusabali.com-lomba-gerak-jalan-indah-semarakkan-hut-ke-77-ri

GIANYAR, NusaBali
Lomba gerak jalan indah kategori SMA Putri mengawali semarak peringatan HUT Ke-77 Kemerdekaan RI, Senin (8/8) siang.

Selain gerak jalan indah, Pemkab Gianyar melalui Dinas Pemuda dan Olahraga menggelar Lomba Gerak Jalan Ketepatan Waktu tingkat SD, SMP, dan SMA/K se-Kabupaten Gianyar.

Lomba dibuka oleh Asisten Administrasi dan Kesejahteraan Rakyat, Setda Gianyar I Ketut Mudana. Sekretaris Dinas Pemuda dan Olahraga Drs I Gede Suratman MPd mengatakan, lomba gerak jalan indah dan gerak jalan ketepatan waktu diikuti peserta dari tingkat SD, SMP, SMA/K Negeri maupun Swasta se Kabupaten Gianyar. Lomba mulai dilaksanakan dari tanggal 8 Agustus 2022 sampai dengan 13 Agustus 2022 dengan mengambil start di depan Open Stage Balai Budaya Gianyar dan finish di depan Puri Gianyar.

Lomba tingkat SD diikuti sebanyak 33 pleton putra dan 45 pleton putri, tingkat SMP diikuti 27 pleton putra dan 25 pleton putri, serta tingkat SMA/K diikuti oleh 28 pleton putra dan 26 pleton putri. "Dengan segala keterbatasan, kami berharap lomba Gerak Jalan Indah dan Ketepatan Waktu ini bisa berjalankan dengan maksimal,” ujar Gede Suratman.

Adapun tujuan pelaksanaan lomba gerak jalan kali ini, diantaranya menggalang persatuan dan kesatuan, memupuk rasa nasionalisme serta meningkatkan kerjasama di kalangan remaja dan pelajar menuju Indonesia “Pulih Lebih Cepat Bangkit Lebih Kuat” sesuai denga tema peringatan HUT RI yang ke-77. “Bagaimana kita sekarang bisa Bangkit dan Lebih Kuat, sesuai dengan tema HUT RI, itu yang kita tekankan sekarang,” tegas Gede Suratman.

I Gede Suratman berharap, kedepanya acara seperti ini bisa terus dilakukan dan lebih ditingkatkan serta dapat memberikan semangat dan rasa optimisme dalam menghadapi tantangan untuk memajukan Kabupaten Gianyar kedepannya. Pelaksanaan lomba gerak jalan tahun ini, juga melibatkan juri dari unsur TNI, POLRI, guru olah raga dan guru seni.

Komandan pasukan gerak jalan putri SMAN. 1Sukawati, Ni Putu Prima Kastarina mengatakan pasukannya sudah siap tampil untuk memperebutkan juara. Untuk mematangkan fisik, gerak dan kekompakan lagu, pasukan sudah berlatih secara intensif. "Sesuai konsep Nangun Sat Kertih Loka Bali, kami banyak menampilkan tarian daerah Nusantara," jelasnya. Siswi yang akrab disapa Ima ini mengaku senang bisa ikut lomba menyemarakkan peringatan kemerdekaan RI. "Kami senang bisa ikut tampil. Ini kemeriahan setelah dua tahun sepi tidak digelar karena pandemi. Kami pastikan menampilkan yang terbaik," jelasnya. *nvi

Komentar