nusabali

Pelatihan Pengelolaan Desa Wisata

  • www.nusabali.com-pelatihan-pengelolaan-desa-wisata

DENPASAR, NusaBali
Pemkot Denpasar melalui Dinas Pariwisata menggelar pelatihan pengelolaan desa wisata, di Sanur, Senin (8/8).

Kegiatan yang diikuti 40 pengelola desa wisata ini akan berlangsung hingga 10 Agustus mendatang untuk meningkatkan pengetahuan, motivasi, dan kompetensi pengelola desa wisata.

Kabid Pengembangan Sumber Daya Pariwisata dan Ekraf Dinas Pariwisata Kota Denpasar I Wayan Hendaryana, menjelaskan salah satu kunci keberhasilan pembangunan kepariwisataan yaitu pemberdayaan masyarakat, sehingga mampu mendorong terwujudnya iklim yang kondusif bagi tumbuh dan berkembangnya kepariwisataan di satu wilayah, dan bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat.

“Pengembangan desa wisata perlu didukung oleh manajemen atau pengelolaan dengan kelembagaan yang solid, fleksibel, sederhana, serta dinamis. Keterlibatan masyarakat lokal merupakan unsur utama dalam pengelolaan desa wisata ini,” kata Hendaryana.

Kegiatan yang menyasar utusan desa/lurah, pokdarwis serta organisasi pemuda peduli pariwisata ini dilaksanakan dengan menghadirkan beragam narasumber, yakni Forum Komunikasi Desa Wisata Provinsi Bali Made Mendra Astawa, Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional dan Ketua DPD AHLI I Ketut Suabawa, Mentor Desa Wisata I Dewa Gede Wisnu Arimbawa, dan Praktisi Desa Wisata I Gusti Agung Bagus Mantra. Seluruh peserta akan diajak mengunjungi Desa Wisata Taro, Kabupaten Gianyar.

“Kami memberikan apresiasi atas komitmen Pemkot Denpasar dalam mendukung kemajuan pariwisata di masa pandemi, sehingga pelatihan ini menjadi penting untuk meningkatkan kualitas kepariwisataan yang berkelanjutan,” ujar Mendra Astawa. *mis

Komentar