nusabali

Prabowo Pimpin Langsung Pendaftaran Gerindra ke KPU

  • www.nusabali.com-prabowo-pimpin-langsung-pendaftaran-gerindra-ke-kpu

JAKARTA, NusaBali
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto memimpin langsung pendaftaran partainya sebagai peserta Pemilu 2024 ke KPU RI.

Partai Gerinda dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) datang berbarengan ke KPU RI untuk mendaftar sebagai partai politik calon peserta Pemilu 2024, Senin (8/8). "Baru saja kami dari Partai Gerindra dan kawan-kawan dari PKB berturut-turut telah datang ke KPU dan mendaftarkan diri sebagai peserta pemilu," kata Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto di Jakarta Senin kemarin. Gerinda pun datang bersama-sama dengan PKB untuk mendaftar sebagai partai politik calon peserta Pemilu 2024 dengan memulai arak-arakan dari Masjid Sunda Kelapa, Jakarta.

Prabowo mengatakan bahwa proses dari tahapan pemilu itu merupakan bagian dari demokrasi sekaligus bagian dari kedaulatan rakyat. "Bangsa telah memilih demokrasi, dan sadar demokrasi itu berat dan sulit. Alhamdulillah, sudah berkali-kali ganti pimpinan berlangsung dengan damai, baik tingkat kota, provinsi, maupun nasional," kata Prabowo. Menurut Prabowo, pihaknya bertekad membawa demokrasi yang lebih baik dengan awal iktikad yang baik.

"Peserta pemilu akan bersaing dengan semangat, dengan penuh kompetisi, akan adu argumen, gagasan, dan program. Akan tetapi, semuanya adalah kawan, sahabat, dan anak bangsa," kata Prabowo. Prabowo juga berbicara soal angka 8 yang disebutnya 'mungkin sudah diatur' saat memberikan sambutan di dalam gedung.

Prabowo mengungkit tanggal, jam pendaftaran, dan urutan parpol yang mendaftar dalam sambutannya. "Pada siang hari ini tanggal 8 Agustus 2022 ini tadi tepat saya masuk, nomor urut ke-17 pendaftaran. Jadi kita partai ke 17 yang mendaftar. Kemudian kebetulan juga tadi saya tanya sekjen yang mendampingi saya, waktu, ada waktunya itu 15.20 tepat saya tanda tangan," kata Prabowo. Prabowo menyebut kesemua angka itu merujuk 8. Prabowo menduga ini adalah kode.

"Jadi kalau diperhatikan kok 1+7 itu 8. Tanggal 8. Jam 15.20. Kok delapan terus yang keluar. Jangan-jangan sudah diatur gitu," kata Prabowo. Prabowo menegaskan pendaftaran peserta pemilu penting bagi keberlangsungan bangsa. Gerindra, kata dia, sudah melaksanakan tugas tersebut. "Jadi kita hari ini melaksanakan tugas konstitusional kita sebagai partai politik kita mendaftarkan diri ke KPU untuk ikut serta dalam proses yang sangat penting dalam kehidupan bangsa dan bernegara ini," ujar Prabowo.

KPU RI menyatakan dokumen sejumlah partai yang mendaftar pada hari kedelapan dinyatakan lengkap 100%. Partai tersebut di antaranya adalah Partai Gerindra, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Partai Hanura. Ketiganya mendaftar pada siang ini di Kantor KPU RI. "Berdasarkan hasil pengecekan dokumen maka pada kesempatan ini saya sampaikan untuk dokumen Partai Hanura dinyatakan lengkap. Untuk Partai Gerindra dokumennya dinyatakan lengkap. Kemudian, PKB juga dokumennya kami nyatakan lengkap," ujar Ketua Divisi Bidang Teknis KPU, Idham Holik dalam konferensi pers, Senin kemarin. *ant

Komentar