nusabali

MU Kalah, Ronaldo Harus Pergi

  • www.nusabali.com-mu-kalah-ronaldo-harus-pergi

Bukan karena dia tak bisa bermain di bawah asuhan Erik ten Hag. Dia bisa bermain di bawah arahan siapapun, dan Ronaldo akan selalu memberi banyak gol.

MANCHESTER, NusaBali
Manchester United (MU) kalah dari Brighton & Hove Albion dalam laga perdana Premier League, di Stadion Old Trafford, Minggu (7/8) malam WITA.  MU kalah 1-2 dari Brighton. Legenda MU Wayne Rooney menilai, Cristiano Ronaldo harus pergi agar Setan Merah berkembang.

Duel kedua tim berjalan sengit sepanjang 2x45 menit. MU menorehkan 17 shoots (5 on target) dan 63 persen penguasaan bola. Sedangkan Brighton 15 tembakan (4 on target) dan 37 persen ball possession.

Namun MU kecolongan dua gol di babak pertama melalui brace Pascal Gross. MU hanya bisa membalas satu gol via own goal Alexis MacAllister. Duel tuntas dengan skor 2-1 untuk Brighton.

Kekalahan itu menjadi pukulan menyakitkan manajer baru MU Eric Ten Hag. Sempat tampil bagus dalam pramusim, justru MU kembali pada penyakit lama, yakni kurang tajam.  

Pada laga itu Cristiano Ronaldo menjadi cadangan dan Ten Hag menurunkan Marcus Rashford sebagai penyerang utama. Ronaldo sempat diperkirakan jadi starter usai Anthony Martial cedera.

Ronaldo baru diturunkan di menit ke-53. Menurut Ten Hag, Ronaldo bekerja keras untuk mengembalikan kebugarannya ke level yang diperlukan.

Masuknya Ronaldo menambah daya gedor MU. Beberapa peluang berhasil didapat MU, diantaranya tembakan Rashford pada menit ke-61 yang ditepis Sanchez.  Lalu peluang emas Christian Eriksen pada menit ke-66 yang ditepis keluar Sanchez.

MU membuat setelah Alexis MacAllister membobol gawang sendiri saat berusaha membuang bola sepak pojok di depan gawang.  Video Assistant Referee (VAR) sempat meninjau proses gol MU, namun tetap disahkan dan membuat kedudukan berubah 1-2.

Man Utd meningkatkan serangan demi bisa menyamakan kedudukan. Bola tembakan jarak jauh Diogo Dalot dapat dibendung Sanchez dan dibuang keluar barisan pertahanan Brighton.

Tim tuan rumah terus menggempur pertahanan Brighton di sisa waktu. Namun MU gagal menyamakan kedudukan dan laga berakhir untuk kemenangan Si Burung Camar 2-1.

Sementara sebelum pertandingan, legenda MU Wayne Rooney mengingatkan, bahwa mantan timnya akan lebih baik tanpa kehadiran Cristiano Ronaldo. Jika superstar asal Portugal itu pergi, MU diyakini mampu membangun tim yang kuat bersaing dalam jangka panjang.

Hal itu ditulis Rooney dalam kolomnya di harian The Times. Pria yang kini melatih DC United di Amerika Serikat itu menilai MU sebaiknya berfokus pada pemain-pemain yang bisa tahan lama di klub, sedangkan Ronaldo sudah 37 tahun.

"Bukan karena dia tak bisa bermain di bawah asuhan (Erik) ten Hag. Dia bisa bermain di bawah arahan siapapun, dan Ronny akan selalu memberi banyak gol," tulis Rooney.

Bahkan Rooney menilai, MU saat ini belum siap menjadi kandidat juara, jadi harusnya mereka membangun tim yang bisa memenangi Liga Inggris dalam 3-4 tahun. Hal itu butuh perencanaan. *

Susunan Pemain
ManUnited: David De Gea; Diogo Dalot, Harry Maguire, Lisandro Martinez, Luke Shaw (Tyrell Malacia 90'); Scott McTominay (Donny Van de Beek 78'), Fred (Cristiano Ronaldo 53'); Jadon Sancho (Anthony Elanga 90'), Bruno Fernandes (Alejandro Garnacho 90'), Marcus Rashford; Christian Eriksen. Brighton & Hove Albion: Robert Sanchez; Adam Webster, Lewis Dunk, Joel Veltman; Leandro Trossard (Tariq Lamptey 76'), Moises Caicedo, Alexis MacAllister, Solly March (Levi Colwill 90'); Adam Lallana (Enock Mwepu 76'), Pascal Gross; Danny Welbeck (Deniz Undav 90')

Komentar