nusabali

5 Desa di Bangli Siapkan Pilkel 2024

  • www.nusabali.com-5-desa-di-bangli-siapkan-pilkel-2024

BANGLI, NusaBali
Tahun 2024, lima desa di Bangli akan menggelar pemilihan perbekel (pilkel).

Pilkel ini menyusul akhir masa jabatan perbekel pada di lima desa dimaksud. Karen hampir bersamaan dengan pelaksanaan Pemilu 2024, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Bangli masih menunggu petunjuk pusat tentang pilkel tersebut.

Menurut Kepala Dinas PMD Bangli I Dewa Agung Putu Purnama, lima desa yang masa jabatan perbekelnya berakhir pada 2024, yakni Desa Binyan, Belantih, Dausa, Bonyoh di Kecamatan Kintamani. Desa Bunutin di Kecamatan Bangli. Para perbekel di lima desa tersebut menjabat hingga Juli 2024.

"Seperti diketahui tahun 2024 merupkan tahun Pemilu serentak. Apa akan ada perlakuan khusus untuk pilkel ini,  kami masih menunggu pentunjuk pusat," jelasnya Minggu (7/8).

Jelasnya, pelaksanaan pilkel ada beberapa tahapan, seperti pembentukan panitia, pendaftaran calon, seleksi administrasi, penetapan bakal calon, dan pelaksanaan pemilihan. Dari hasil pemilihan tersebut, dilakukan pelantikan perbekel terpilih. "Setidaknya untuk tahapan pilkel diperlukan waktu sekitar tiga bulan," ujarnya.

Mantan Sekretaris Satpol PP Bangli ini menyebutkan di Bangli ada 68 Desa. Sesuai dengan agenda, pelaksanaan pilkel terbagi tiga kali, tahun 2024 ada 5 desa, tahun 2025 ada 50 desa dan 2027 ada 13 desa. *esa

Komentar