nusabali

Acara Pelepasan Kontingen Jambore Nasional ke Cibubur

Cok Ace: Dapatkan Pengalaman dan Ilmu Sebanyak-banyaknya

  • www.nusabali.com-acara-pelepasan-kontingen-jambore-nasional-ke-cibubur

DENPASAR, NusaBali
Wakil Gubernur Bali yang juga Ketua Harian Majelis Pembimbing Kwartir Daerah (Kwarda) Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati (Cok Ace) secara resmi melepas keberangkatan kontingen Jambore Nasional (Jamnas) Bali yang akan mengikuti Jamnas ke-11 di Bumi Perkemahan Graha Wisata Pramuka (Buperta) Cibubur, Jakarta Timur, 14–21 Agustus 2022.

Cok Ace berpesan kepada kontingen agar selalu menjaga nama baik Bali, selalu aktif dalam kegiatan yang akan dilaksanakan di Cibubur, dan tetap menjaga kesehatan serta mematuhi protokol kesehatan. Karena tanpa kondisi yang sehat tidak mungkin bisa mengikuti kegiatan dan keikutsertaan akan menjadi sia-sia.

“Dapatkan pengalaman dan ilmu sebanyak-banyaknya agar dapat ditularkan kepada rekan-rekan di sekolah, Kwarcab atau Gugus Depan,” ujar Cok Ace saat acara pelepasan bertempat di Gedung Wiswa Sabha Utama, Kantor Gubernur Bali, Niti Mandala, Denpasar, Minggu (7/8).

Cok Ace juga menitip pesan kepada Ketua Kontingen dan Pembina Pendamping agar selalu membimbing dan mengarahkan adik-adik peserta agar tujuan dari Jamnas ini dapat dicapai dengan optimal. Dia mengingatkan, setiap duta Bali wajib mendedikasikan diri untuk membawa misi kemanusiaan, persaudaraan, dan perdamaian.

“Selalu menjaga sikap dan perilaku, menanamkan nilai-nilai budi pekerti, mengamalkan nilai-nilai Pancasila, dan senantiasa membangun komunikasi yang baik dengan semua kontingen dari daerah lain. Dan yang paling utama adalah menjaga kekompakan di antara seluruh kontingen,” pesan Cok Ace.

Ketua Kwarda Bali Made Rentin melaporkan bahwa dalam Jamnas ke-11 ini, Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Bali mengirimkan sebanyak 150 orang. Mereka terdiri dari Pramuka Penggalang Putra sebanyak 64 orang, Pramuka Penggalang Putri sebanyak 64 orang, Pembina Pendamping Putra sebanyak delapan orang, Pembina Pendamping Putri sebanyak delapan orang, Pimpinan Kontingen Daerah sebanyak lima orang, dan dokter kontingen sebanyak satu orang.

Rentin menjelaskan bahwa Pramuka Penggalang dan Pembina Pendamping ini merupakan utusan dari delapan Kwartir Cabang (Kwarcab) se-Bali, yaitu Kwarcab Jembrana, Tabanan, Badung, Gianyar, Bangli, Karangasem, Buleleng, dan Denpasar.

Dikatakannya, Kontingen Kwarda Bali akan berangkat melalui jalur darat pada 11 Agustus 2022. Pendanaan dilakukan sepenuhnya oleh Kwartir Cabang masing-masing, sementara Kwartir Daerah Bali menyediakan baju kaos dan jaket kontingen yang berasal dari bantuan Bank BPD Bali. *cr78

Komentar