nusabali

Diskes Salurkan Vaksin Booster 2 ke Sasaran

  • www.nusabali.com-diskes-salurkan-vaksin-booster-2-ke-sasaran

SEMARAPURA, NusaBali
Dinas Kesehatan (Diskes) Klungkung mulai mendistribusikan vaksin dosis 4 atau booster dosis 2, untuk tenaga kesehatan (nakes) di masing-masing RS maupun Puskesmas. Distribusi ini sejak Sabtu (6/8) pagi.

Selanjutnya, teknis pelaksanaan vaksinasi diatur langsung oleh RS dan Puskesmas. Seperti yang terpantau di RSUD Klungkung, vaksinasi booster ini sudah disuntikkan untuk 18 dokter, 54 perawat, 14 bidan, 25 tenaga farmasi, dan 55 tenaga penunjang lainnya.

Tercatat, 1113 orang yang menjadi sasaran vaksinasi dosis 2 di RSUD Klungkung, terdiri dari tenaga kesehatan, hingga pegawai penunjang operasional di RSUD Klungkung. "Khusus nakes, jumlahnya sekitar 800 orang. Termasuk yang berada di garis depan, seperti nakes yang bertugas di UGD," ujar Humas RSUD Klungkung I Gusti Putu Widiyasa, Minggu (7/8).

Vaksinasi booster 2 ini juga dilakukan untuk nakes yang bertugas di Klinik Bhayangkara Polres Klungkung. Kasi Dokkes Polres Klungkung Ipda dr I Gusti Ayu Sukrisnawati mengatakan tujuan pemberian vaksin booster kedua karena imunitas dari vaksinasi booster 1 sudah menurun dalam kurun waktu enam bulan. "Karena penurunan ini, maka vaksin booster 2 diperlukan untuk menguatkan kembali kekebalan tubuh dari paparan Covid-19," kata Ipsa Sukrisnawati.

Kepala Dinas Kesehatan Klungkung dr Ni Made Adi Swapatni, mengatakan vaksinasi booster 2 sudah didistribusikan kepada RS dan Puskesmas. Untuk sasaran vaksinasi ini diawali menyasar nakes di Kabupaten Klungkung sebanyak 2.095 orang. "Teknis vaksinasinya diatur dari RS maupun masing-masing Puskesmas" ujar dr Swapatni.

Selain itu, vaksinasi booster dosis 1 masih terus dikebut agar bisa mencapai 100 persen. "Kami berharap dengan vaksinasi booster ini dapat meningkatkan daya tahan tubuh terhadap virus Corona," harap Swapatni. Adapun kasus Covid-19 di Klungkung sampai saat ini, yakni positif 5.658 orang, dalam perawatan 37 orang, sembuh 5.429 orang dan meninggal dunia 192 orang. *wan

Komentar