nusabali

Jelang Usaba Gumang, Bangun Parkir Berkapasitas 300 Mobil

  • www.nusabali.com-jelang-usaba-gumang-bangun-parkir-berkapasitas-300-mobil

AMLAPURA, NusaBali
Jelang Usaba Gumang di Pura Gumang, Banjar Celuk Kauh, Desa Bugbug, Kecamatan Karangasem, prajuru pura setempat tengah membangun area parkir berkapasitas 300 kendaraan roda empat.

Sebab, selama tiga hari berlangsung Usaba Gumang selama ini, arus lalulintas Amlapura-Denpasar, ditutup. "Kali ini tengah dibangun parkir di sepanjang jalan Bukit Sanghyang Ambu, kapasitas 300 kendaraan, paling tidak mampu mengurangi kemacetan," jelas Baga Palemahan Desa Adat Bugbug I Ketut Bagus Adi Saputra dihubungi di kediamannya, Desa Adat Bugbug, Kecamatan Karangasem, Kamis (4/8).

Pembangunan parkir menggunakan alat berat, dengan membongkar lahan bukit yang sepenuhnya batu karang, katanya, cukup menyulitkan, dan berlangsung cukup lama. Rencananya parkir dibangun, sekitar 10 meter di luar jalan raya, sehingga kendaraan bisa parkir di sepanjang pinggir jalan. "Jadinya arus lalulintas Amlapura - Denpasar nanti, tidak lagi terhambat karena parkir telah tersedia," tambahnya.

Begitu juga di beberapa titik telah dibangun jalan alternatif. Bukan saja parkir kendaraan roda empat, parkir kendaraan roda dua juga tersedia. Sebagian parkir telah tuntas dibangun, dan telah pula bisa digunakan, diperkirakan parkir itu sepanjang sekitar 500 meter. Sehingga kendaraan pemedek dijamin dapat tempat parkir, dan arus lalulintas bisa beraktivitas normal.

"Kalau kemacetan tetap masih ada karena ribuan pemedek yang melaksanakan persembahyangan ke Pura Gumang, paling tidak macetnya berkurang," lanjut Bagus Adi Saputra.

Terpenting, kata dia, telah berupaya mencarikan solusi, agar kemacetan bisa berkurang, tidak seperti yang terjadi saat Usaba Gumang sebelumnya. Sebab di puncak Usaba Gumang nanti, Ida Bhatara Manca Desa Tedun katuran pujawali, kecuali Ida Bhatara dari Desa Adat Datah, Kecamatan Abang, yakni Ida Bhatara dari Desa Adat Ngis, Kecamatan Manggis, Ida Bhatara dari Desa Bebandem, Kecamatan Bebandem, Ida Bhatara dari Desa Adat Jasri, Kecamatan Karangasem, dan Ida Bhatara dari Desa Adat Bugbug, Kecamatan Karangasem.

Baga Parahyangan Desa Adat Bugbug I Wayan Artana mengatakan, Usaba Gumang stana Ida Bhatara Gede Gumang, diawali Redite Pon Dukut, Minggu (9/10), Ida Bhatara Manca Desa katuran ke Pura Gumang, selanjutnya Purnama Kapat, Soma Wage Dukut, Senin (10/10), Ida Bhatara Manca Desa katuran ke Desa Adat Bugbug dan Anggara Kliwon Dukut, Selasa (11/10), Ida Bhatara Manca Desa mantuk ke masing-masing desa.

"Ida Bhatara dari Desa Adat Datah, tidak katuran di puncak Usaba Gumang, karena akan menggelar karya di Pura Puseh dan Pura Batubelah," jelas Baga Parahyangan I Wayan Artana yang juga Kasek SMKN 1 Amlapura. *k16

Komentar