nusabali

Groundbreaking Jalan Tol Jagat Kerthi Gilimanuk-Mengwi Diagendakan 10 September 2022

  • www.nusabali.com-groundbreaking-jalan-tol-jagat-kerthi-gilimanuk-mengwi-diagendakan-10-september-2022

DENPASAR, NusaBali
Groundbreaking (peletakan batu pertama) pembangunan Jalan Tol Jagat Kerthi Gilimanuk–Mengwi diagendakan pada Saniscara Wage Prangbakat, Sabtu (10 September 2022).

Peletakan batu pertama dilakukan di kawasan Kecamatan Pekutatan, Kabupaten Jembrana. Waktu pelaksanaan groundbreaking tersebut merupakan hasil rapat yang dipimpin Gubernur Bali Wayan Koster, di Jayasabha, Denpasar pada Saniscara Wage Tambir, Sabtu (6/8/2022).

Rapat dihadiri oleh Direktorat Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR, Kakanwil ATR/BPN Bali, Kepala Dinas PUPR Provinsi Bali Nusakti Yasa Weda, Kepala BKSDA Provinsi Bali, Kadis Kehutanan dan Lingkungan Hidup Provinsi Bali Made Teja, Karopem Kesra Provinsi Bali Ketut Sukra Negara, Perumda Bali, PT TJKB, dan pemrakarsa jalan tol. Para hadirin dijamu kopi arak tanpa gula, yang merupakan minuman kesukaan Gubernur Koster.

Sebagaimana diberitakan, proyek Jalan Tol Jagat Kerthi Gilimanuk–Mengwi dengan panjang mencapai 95 kilometer, rencananya digarap mulai Juni 2021 dan ditarget rampung tahun 2022. Proyek infrastruktur ini menelan anggaran hingga Rp 14 triliun, yang bersumber dari pihak swasta.

Sesuai perencanaan dalam basic design, Jalan Tol Jagat Kerthi Gilimanuk–Mengwi akan melintasi tiga kabupaten sekaligus: Jembrana, Tabanan, dan Badung. Sisi barat dimulai dari Kelurahan Gilimanuk, Kecamatan Melaya (Jembrana) hingga sisi timur di Desa Sembung, Kecamatan Mengwi, Kabupaten Badung.

Khusus di Kabupaten Jembrana, ada 5 kecamatan yang bakal dilalui, yakni Kecamatan Melaya, Kecamatan Negara, Kecamatan Jembrana, Kecamatan Mendoyo, dan Kecamatan Pekutatan. Sedangkan di Kabupaten Tabanan, melintasi 6 kecamatan, yaitu Kecamatan Selemadeg Barat, Kecamatan Selemedeg, Kecamatan Selemadeg Timur, Kecamatan Kerambitan, Kecamatan Penebel, dan Kecamatan Marga. Sementara di Kabupaten Badung, hanya melintasi Kecamatan Mengwi. *nat

Komentar