nusabali

Indonesia ke Semifinal Piala AFF U-16

  • www.nusabali.com-indonesia-ke-semifinal-piala-aff-u-16
  • www.nusabali.com-indonesia-ke-semifinal-piala-aff-u-16

Pada laga kontra Vietnam, pelatih Bima Sakti mengandalkan penyerang Arkhan Kaka dan Nabil Asyura. Kini keduanya menyumbang lima gol bagi Indonesia.

SLEMAN, NusaBali

Tangisan mewarnai Timnas U-16 Indonesia lolos ke semifinal Piala AFF U-16 2022. Ya, Indonesia bangkit dari ketertinggalan 0-1 di babak pertama, dan mengalahkan Vietnam 2-1, pada laga pamungkas Grup A di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Daerah Istimewa Jogjakarta, Sabtu (6/8/2022) malam.

Duet penyerang Arkhan Kaka dan Muhammad Nabil Asyura masing-masing mencetak satu gol untuk kemenangan Indonesia, yang sempat tertinggal lebih dulu akibat penalti Nguyen Cong Phuong.

Kemenangan memastikan Indonesia di puncak klasemen akhir Grup A tak tergoyahkan. Anak-anak asuhan Bima Sakti menyapu bersih kemenangan tiga laga fase grup dan mengumpulkan sembilan poin. Sebelumnya Timnas U-16 mengalahkan Filipina 2-0 dan Singapura 9-0.

Vietnam yang finis di posisi kedua dengan enam poin masih berpeluang lolos ke semifinal. Namun Vietnam menanti rangkaian hasil laga terakhir Grup C yang dimainkan Senin (8/8/2022). Posisi Vietnam tidak aman, jika dua tim runner up terbaik, yakni Thailand 4 poin (Grup B) dan Myanmar 4 poin (Grup C) meraih kemenangan pada laga terakhirnya.

Pada laga kontra Vietnam, pelatih Bima Sakti memang mengandalkan penyerang Arkhan Kaka dan Nabil Asyura. Kini keduanya menyumbang lima gol bagi Indonesia. Mereka disokong kuartet Muhammad Riski Afrisal, Narendra Tegar Islami, Muhammad Kafiatur Rizky dan Mokhammad Hanif Ramadhan di lini tengah.

Di lini pertahanan, posisi bek tengah sekaligus kapten Muhammad Iqbal Gwijangge belum tergantikan. Bek kanan Rizdjar Subagja masih diandalkan di bek kanan. Untuk melengkapi kuartet bek, Habil Abdillah dan Sulthan Zaky. Sedangkan kiper Andrika Fathir Rachman mengawal gawang tuan rumah.

Meski hanya butuh hasil imbang untuk ke empat besar, Indonesia tetap tampil menyerang. Namun laga dalam tempo cepat itu gagal membuat gol bagi kedua tim, sampai wasit asal Thailand Warintorn Sassadee memberikan penalti untuk Vietnam pada menit ke-42.

Penalti diberikan usai bek kanan Rizdjar Subagja melanggar gelandang Le Ding Long Vu. Nguyen Cong Phuong pun sukses sebagai algojo. Vietnam unggul 1-0, hingga turun minum.

Tertinggal satu gol, Indonesia langsung menggebrak di babak kedua. Hasilnya, pada menit ke-52, assit Narendra Tegar Islami dikonversi jadi gol oleh Arkhan dengan sundulannya. Gol itu membakar semangat pemain Indonesia. Tiga menit kemudian Indonesia sukses membalikkan keadaan 2-1 berkat gol Nabil.

Usai kedudukan 2-1 intensitas laga meningkat, tapi tak ada gol lagi sampai laga usai. Indonesia menang dan lolos ke semifinal. Kemenangan itu diiringin isak tangis Nabil Asyura dkk saat laga berakhir. Sukses itu seolah pembalasan, karena Timnas U-19 disingkirkan Vietnam usai bermain sandiwara kontra Thailand U-19 beberapa waktu lalu. *ant

Komentar