nusabali

Didampingi 34 Ketua DPD, AHY Daftarkan Demokrat ke KPU

  • www.nusabali.com-didampingi-34-ketua-dpd-ahy-daftarkan-demokrat-ke-kpu

JAKARTA, NusaBali
Partai Demokrat menjadi partai politik yang mendaftar sebagai peserta Pemilu 2024 pada hari kelima ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, di Jakarta, Jumat (5/8).

Ketua Umum DPP Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) tampak memimpin langsung pendaftaran dan tiba di depan gerbang Kantor KPU RI, sekitar pukul 13.30 WIB, dengan pawai iring-iringan jalan bersama dari Kantor DPP Partai Demokrat, Wisma Proklamasi 41, Menteng, Jakarta Pusat.

AHY didampingi 34 Ketua DPD Partai Demokrat dan sejumlah jajaran pengurus Partai Demokrat yang sebelumnya terlebih dahulu berkumpul di Kantor DPP Partai Demokrat. Pawai iring-iringan tampak dimeriahkan dengan yel-yel yang diputar dari pengeras suara di atas mobil bak terbuka dan Bendera Partai Demokrat yang dikibarkan rombongan. Selain mobil bak terbuka, terlihat pula dua bus Partai Demokrat yang ikut mengiringi rombongan.

Adapun rombongan Partai Demokrat sendiri mulai tiba sekitar pukul 13.00 WIB di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI di Jakarta. KPU membuka pendaftaran peserta Pemilu 2024 sejak tanggal 1 hingga 14 Agustus 2022. Adapun hingga Kamis (4/8) tercatat sudah 11 partai politik yang telah mendaftar sebagai peserta Pemilu 2024 di KPU RI.

AHY mengumpulkan 34 Ketua DPD di Kantor DPP Partai Demokrat, Jakarta, Jumat pagi kemarin, sebelum mendaftarkan Demokrat sebagai peserta Pemilu 2024 ke Komisi Pemilihan Umum (KPU).

"Sebelum mendaftarkan ke KPU sebagai peserta Pemilu 2024, Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengumpulkan 34 Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) di Kantor Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Demokrat, Jumat pagi," kata Koordinator Juru Bicara DPP Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra dalam keterangan tertulisnya, kemarin.

Dalam kesempatan tersebut, menurut dia, AHY mengajak 34 Ketua DPD untuk ikut mendampinginya mendaftarkan Partai Demokrat sebagai peserta Pemilu 2024 ke Kantor KPU. Di samping itu, AHY mengajak mereka untuk memantapkan barisan Partai Demokrat dalam memenangkan Pemilu 2024 sebagaimana target yang telah ditentukan. Dia mengimbau 34 Ketua DPD Demokrat agar kompak dan berjuang bersama memenangkan partai mereka dalam Pemilu 2024.

Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menargetkan 14 hingga 15 persen keterwakilan parlemen untuk DPR RI pada kontestasi Pemilu 2024. "Mudah-mudahan tercapai persentase 14 hingga 15 persen," kata AHY di depan Gedung KPU RI, Jakarta, Jumat, kemarin.

AHY menyebut target Partai Demokrat pada Pemilu 2024 naik dari jumlah keterwakilan Partai Demokrat di DPR hasil Pemilu 2019. "Kami berusaha mengisi semua dapil DPR RI. Hari ini kami punya 54 anggota DPR RI sebanyak 9,3 persen di Senayan, dan tentunya jika bisa memenuhi semua dapil, 80 dapil, atau lebih jika sudah resmi pemekaran Papua," ujarnya. Dengan demikian, kata AHY, peran Partai Demokrat di parlemen juga lebih kuat dan terasa dengan bisa mengisi keseluruhan dapil tersebut.

AHY juga optimistis untuk kembali membuat Partai Demokrat bangkit menjadi partai yang berada di papan urutan tiga besar dengan menyiapkan kader-kader terbaiknya. "Kami berniat dan tentunya berikhtiar sambil terus berdoa semoga Demokrat pada tahun 2024 bisa bangkit," ujar AHY.

Pasalnya, kata AHY, Partai Demokrat pernah berjaya dengan meraih lebih dari 20 persen suara pada Pemilu 2009. "Pernah memenangi pemilu dengan suara terbanyak lebih dari 21 persen dan kembali mengusung Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) sebagai pemimpin negeri untuk periode kedua," katanya.

Sementara Ketua Divisi Bidang Teknis Komisi Pemilihan Umum (KPU) Idham Holik menyatakan bahwa dokumen persyaratan pendaftaran Partai Demokrat sebagai peserta Pemilu 2024 telah lengkap setelah dilakukan pengecekan. "Menyatakan bahwa dokumen pendaftaran Partai Demokrat itu dinyatakan lengkap," kata Idham saat memberikan keterangan konferensi pers di Gedung KPU, Jakarta. *ant

Komentar