nusabali

Ratusan Nakes di Bangli Dapat Vaksin Booster Kedua

  • www.nusabali.com-ratusan-nakes-di-bangli-dapat-vaksin-booster-kedua

BANGLI, NusaBali
Dinas Kesehatan (Diskes) Bangli menggelar vaksinasi booster kedua bagi tenaga kesehatan (nakes) sejak Kamis (4/8).

Sasaran nakes di Bangli sebanyak 1.766 orang. Hari kedua, vaksinasi booster digelar di Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Bali di Kelurahan Kawan, Kecamatan Bangli. Seratusan nakes telah mendapatkan vaksinasi booster kedua.

Kadis Kesehatan Bangli, dr I Nyoman Arsana mengatakan, nakes yang menjadi sasaran vaksinasi booster kedua sebanyak 1.766 orang. Nakes ini tersebar di Puskesmas, RSU Bangli, RSJ Provinsi Bali, RS BMC Bangli, Dinas Kesehatan, klinik, dan lainnya. “Vaksinasi dimulai sejak Kamis pagi. Vaksinasi berlangsung di Puskesmas Bangli, Puskesmas Susut I, Puskesmas Kintamani V, dan Puskesmas Tembuku II,” ungkap dr Nyoman Arsana. Sementara pada Jumat (5/8), vaksinasi digelar di RSJ Provinsi Bali, RS BMC Bangli, Puskesmas Tembuku I, Puskesmas Kintamani I, dan Puskesmas Kintamani VI.

Mantan Direktur RSU Bangli ini menyebutkan, pelaksanaan vaksinasi nakes tidak bisa dilakukan sekaligus, sebab para nakes tetap melakukan pelayanan kepada masyarakat. Vaksinasi booster kedua buat nakes ditarget tuntas pada 10 Agustus mendatang. Masing-masing Puskesmas atau rumah sakit diberikan keleluasaan mengatur nakes yang akan divaksin. "Kami serahkan kepada Puskesmas mengatur jadwal vaksin sehingga layanan kepada masyarakat tetap jalan," ungkap dr Nyoman Arsana. Hingga Jumat siang, capaian vaksinasi sekitar 500 orang.

Vaksin booster yang diberikan untuk nakes jenis Moderna. Diskes Bangli telah menerima 2.120 dosis vaksin. Vaksin ini dengan kedaluwarsa 11 Agustus, maka target vaksinasi tuntas pada 10 Agustus. Menghindari vaksin yang terbuang, maka sasaran vaksinasi bisa dari luar nakes. "Kami sudah koordinasikan hal ini. Syaratnya sudah enam bulan divaksin booster pertama," jelas dr Nyoman Arsana. *esa

Komentar